- Kontributor
10 Agustus 2022 0:0:0 140

Sambut HUT RI, DWP Kemenag Gelar Tes IVA dan Sadanis

Ket: Ketua DWP Kemenag Sulteng (kedua dari kiri) dan Plh. Kakanwil (ujung kanan) mengikuti seremoni pembukaan tes IVA dan sadanis secara virtual, Rabu (10/8/2022)


Palu (Kemenag Sulteng) - Sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) menggelar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) gratis secara serentak di 34 Kanwil Kemenag Provinsi serta sejumlah Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) seluruh Indonesia, Rabu (10/8/2022).

Seremonial pembukaan dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan dibuka oleh Penasihat DWP Kemenag RI Eny Retno Yaqut serta diikuti oleh anggota DWP Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) juga seluruh peserta kegiatan tes IVA dan sadanis di Gedung Bapelkes Palu.

Ketua DWP Kanwil Kemenag Sulteng Rosna M. Dg. Rumalang memaparkan bahwa ada 150 orang jumlah peserta yang mendaftar terdiri dari anggota DWP Kanwil Kemenag Sulteng, anggota DWP Kemenag Kota Palu, anggota DWP Kemenag Kabupaten Sigi, anggota DWP Kemenag Kabupaten Donggala, dan masyarakat umum.

“Alhamdulillah untuk pelaksanaan di Kanwil Kemenag Sulteng banyak peserta antusias untuk mendaftar. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama hingga kegiatan dapat terselenggara,” ujarnya.

Rosna mengatakan sangat penting bagi para wanita untuk melakukan tes IVA dan sadanis agar dapat dideteksi dini sebab penyakit kanker serviks dan kanker payudara merupakan kanker tertinggi yang dialami oleh wanita di Indonesia.

Pelaksana harian (Plh.) Kakanwil Kemenag Sulteng Junaidin turut hadir pada seremonial pembukaan dan mengajak kepada seluruh peserta untuk lebih sadar dan peduli dengan kondisi kesehatannya masing-masing. 

“Meningkatkan kewaspadaan itu penting. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian untuk mengetahui kondisi kesehatan khususnya bagi para wanita agar kiranya jika ditemukan sesuatu setelah pemeriksaan maka bisa dilakukan langkah antisipatif untuk menanganinya,” katanya.

“Mudah-mudahan ini akan memberikan manfaat positif. Kepada seluruh peserta saya harap jangan pernah takut untuk melakukan tes agar kondisi kesehatan dapat selalu diketahui dan terjaga,” tandasnya. (Monica)

Editor: Humas Monica
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex