KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Zidiarman Kontributor
22 Maret 2024 21:0:0 144

Festival Ramadhan Asyik Bersama Gusmen, Kakanwil Bagikan 1000 Paket Ramadhan

Ket: Kakanwil Ulyas Taha saat menyerahkan secara simbolis bingkisan ramadhan kepada 10 penerima paket


Palu (Kemenag Sulteng) - Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Ulyas Taha membagikan secara simbolis 1000 paket ramadhan  pada Festival Ramadhan Asyik bersama Gus Menteri Agama (Gusmen) dengan tema Kolaborasi Sejuta Cinta yang dilaksanakan secara virtual daring, festival ini dilakukan dengan penyerahan bingkisan Ramadhan serentak seluruh Indonesia dan terkhusus untuk Sulteng dibagi 7500 paket ramadhan  dan dirangkaikan buka puasa bersama keluarga besar Kanwil Kementerian Agama Sulteng  bertempat di Aula Kanwil Kemenag Sulteng, jumat, 22/3/2024

Kakanwil mengatakan bahwa gerakan ini untuk mengajak seluruh insan Kemenag sebagaimana visi Menteri Agama (Menag) menginginkan jajaran Kemenag tidak sekedar hadir ditengah-tengah masyarakat tapi hadir memberi dampak di tengah masyarakat.

Kakanwil mengungkapkan bahwa Menag berharap agar kita membangun negara ini melalui gerakan-gerakan keumatan agar masyarakat lebih sejahtera dengan membantu masyarakat yang kurang beruntung, diharapkan kehadiran pejabat Kemenag  harus bisa dirasakan oleh masyarakat langsung melalui bantuan terutama bagi yang kurang mampu tidak sekedar memberi tausiah dan ceramah.

Gerakan ini memberi dampak dimasyarakat dan terinspirasi dengan ini bisa berlanjut diluar bulan ramadhan, sehingga gerakan Gusmen ini disebut gerakan kolaborasi sejuta cinta, bagaimana kita memberikan  rasa cinta itu ke banyak orang, ungkap Ulyas Taha

“Paket sembako Ini adalah berkah ramadhan” Kata Kakanwil Ulyas Taha saat menyerahkan secara simbolis bingkisan ramadhan kepada 10 penerima paket.

Kakanwil juga membahas kegiatan safari ramadhan yang dihadiri oleh para dai dan penceramah dari  ormas keagamaan. Kehadiran tokoh umat sebagai Mitra Kemenag bisa menyapa umat melalui safari ramadhan yang memberikan dampak terhadap umat, sehingga misi Kemenag bisa sampai pada umat,

Kabid Bimais, H. Junaidin melaporkan bahwa Pemberian paket sembako untuk Sulteng sebanyak 7500 paket dengan rincian kanwil Kemenag Sulteng 1000 paket, Kemenag kab/kota  masing-masing 500 paket berjumlah  6500 paket kalau dikonfersi ke rupiah sekitar 1 milyar lebih.

Untuk 1000 paket sembako ramadhan yang dibagikan oleh Kanwil Kemenag Sulteng Sumbernya berasal dari Baznas Sulteng 485 paket, BRI 100 paket, MAN 2 Palu 45 paket, MAN 1 Palu 50 paket, MAN IC Palu 20 paket, Lembaga Amil Zakat (LAZ)  IZI dan Yakesma masing-masing  50 paket  serta BSI dan Bank Mandiri berupa uang.

“Teknis pembagian setelah menyerahkan secara simbolis dan akan dibagikan kepada seluruh mustahik yang berhak menerima” Kata Junaidin

Ketua MUI, Habib Ali Aljufri dalam tausiahnya pada acara tersebut menyampaikan ketika amanah itu milik bersama maka perlu dipublikasi dan diviralkan agar pemberi zakat dan sedekah mengetahui penyaluran dan pemanfaatannya untuk membangun kepercayaan.

 “Apabila harta yang dibagikan milik sendiri maka tangan kanan memberi dan tangan kiri tidak tau tapi kalau membawa amanat orang ketika itu harus semua tahu” kata Ketua MUI Sulteng

Diwaktu bersamaan Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki membuka  secara daring dan luring Festival Ramadhan Asyik bersama Gusmen bertempat di Kantor Kemenag Pusat Jalan Thamrin Jakarta

"Alhamdulillah, telah terkumpul 1,5 juta paket bantuan Ramadan yang siap kita distribusikan ke seluruh kabupaten kota yang ada di republik ini," ungkap Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, kegiatan ini adalah bukti bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang dermawan.

"Dalam waktu yang sangat singkat kita berhasil mengajak saudara-saudara kita lembaga filantropi Islam bersama masyarakat untuk memberikan bantuan sebesar 1,5 juta paket," jelas Kamaruddin.

"Ini adalah bukti nyata dari kerja sama aktif antara pemerintah, lembaga amil zakat, dan sektor swasta dalam mendukung masyarakat yang membutuhkan," ungkap Kamaruddin.

Sehingga Kementerian Agama meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas pencapaian dalam pembagian bingkisan Ramadan terbanyak dan serentak di seluruh Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan kepada Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki dalam acara Festival Ramadhan Asyik Bersama Gusmen di Jakarta.

Hadir pada kegiatan di Kanwil Kemenag Sulteng, Ketua MUI Sulteng Habib Ali bin Salim Aljufri, para pejabat Kanwil Kemenag Sulteng, pimpinan Ormas keagamaan, pimpinan agama sahabat, IPIM, Forum Pemuda Lintas Agama, DWP Kanwil Kemenag Sulteng, para mustahik serta  wartawan berbagai media.

 

Tags terkait: Bimas Islam
Editor: Zidiarman
Fotografer: Humas Ahsan
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex