KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
iis sugianti Kontributor
28 Maret 2024 13:20:0 238

Kemenag Bangkep Dorong Pemberdayaan Zakat dan Wakaf

Ket: Kakankemenag Bangkep (H. Sofyan Arsyad) buka kegiatan pengelolaan dan pembinaan pemberdayaan zakat dan wakaf


Banggai Kepulauan (Kemenag Sulteng) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Kepulauan melalui Bidang Bimas Islam menggelar kegiatan pengelolaan dan pembinaan pemberdayaan zakat dan wakaf bertempat di aula Hotel Sidapore. Kegiatan ini mengusung tema "Fasilitasi Penyelenggaraan Zakat dan Wakaf Tahun 2024". Kamis, 28 Maret 2024.

Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Banggai Kepulauan (Kakankemenag Bangkep), H. Sofyan Arsyad. Turut hadir Plt. Kasubag TU/Kasi Bimas Islam, H. Ahmad Yani, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banggai Kepulauan dan seluruh peserta yang berasal dari Badan Amil dan Nazir di Kecamatan Banggai Kepulauan.

Dalam sambutannya, H. Sofyan Arsyad menekankan pentingnya pengelolaan zakat dan wakaf sebagai bagian dari tugas kita untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kewajiban zakat, baik itu zakat fitrah, zakat mal, maupun wakaf. Ia juga menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peserta dalam mengelola zakat dan wakaf dengan baik.

Selain membuka acara, H. Sofyan Arsyad juga menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut. Dalam materinya, ia fokus pada pengelolaan zakat dan memberikan penjelasan yang komprehensif tentang berbagai aspek zakat dan wakaf.

Menurutnya, sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, Indonesia telah terkenal sebagai salah satu negara paling dermawan di dunia, yang memberikan sumbangan dan sedekah secara luas. Namun, fenomena ini juga menjadi sasaran bagi sejumlah individu yang ingin memanfaatkannya, baik untuk kebaikan maupun dengan niat yang kurang baik.

Hal ini menjadi perhatian serius untuk memastikan bahwa kedermawanan tersebut diarahkan ke jalur yang baik dan benar. Salah satu pendekatan yang diambil adalah dengan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang pengelolaan zakat yang tepat, ungkapnya.

Menurut beberapa sumber, potensi zakat di Indonesia sangat besar namun masih belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan optimal. Oleh karena itu, menjadi tugas kita bersama untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya mengelola zakat dengan baik dan benar, sehingga potensi zakat yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kebaikan bersama, ujar Sofyan.

Ia juga berharap dengan adanya upaya pemahaman yang lebih baik tentang zakat, masyarakat diharapkan dapat lebih sadar dan terampil dalam mengelola sumbangan mereka, sehingga dampak positifnya dapat dirasakan secara lebih luas dan berkelanjutan dalam membangun kehidupan yang lebih baik bagi semua.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Banggai Kepulauan dapat semakin teredukasi dan terampil dalam mengelola zakat dan wakaf, sehingga pemberdayaan ekonomi umat dapat terwujud dengan lebih baik, tandasnya.

 

Tags terkait: Bimas Islam
Editor: Humas Ahsan
Fotografer: iis sugianti
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex