KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
19 Desember 2023 0:0:0 200

Sosialisasi Penetapan Istitaah Kesehatan Jemaah Haji

Ket:


Morowali Utara (Kemenag Sulteng),-Kepala Kantor Kementerian Agama(Kakankemenag) Kabupaten Morowali Utara, Dr.H.Abd Mun'im, M.H.I, Memberikan sambutan sekaligus materi dalam rangka penetapan status istitaah Kesehatan jemaah haji bertempat di aula Kantor Kemenag Morut (18/12/2023).

Ibadah haji adalah ibadah fisik karena membutuhkan kehadiran secara fisik di tempat dan waktu yang telah ditetapkan. Selain itu, ibadah haji juga membutuhkan fisik yang prima karena pelaksanaan ibadahnya cukup berat dan dalam cuaca yang cukup ekstrem, yang sangat berbeda dengan cuaca di Indonesia, ujarnya.

Kakan Kemenag menyampaikan Haji merupakan ibadah yang mensyaratkan adanya kemampuan (istitha'ah) dalam pelaksanaannya. Istitha’ah adalah kemampuan jemaah haji secara jasmaniah, ruhaniah, pembekalan, dan keamanan untuk menunaikan ibadah haji. Di antara istitha'ah yang harus terpenuhi adalah kesehatannya. Karenanya, pemeriksaan kesehatan perlu diperketat sebelum calon Jemaah haji melunasi pembayaran biaya haji.

Mun’im menegaskan penetapan status istithaah kesehatan Jemaah Haji, yaitu memenuhi syarat istithaah kesehatan haji dengan pendampingan, tidak memenuhi istithaah kesehatan haji sementara, atau tidak memenuhi syarat istithaah kesehatan haji. Seseorang dinyatakan mampu untuk melaksanakan ibadah haji dalam keadaan sehat mental dan fisik untuk menempuh perjalanan ketanah suci dan melaksanakan ibadah haji dan bahwa masa tunggu keberangkatan cukup lama.

Dalam kesempatan tersebut, Sitti Rahmi Kordinator Surveilans Dinkes Kab. Morowali Utara menyampaikan kesehatan jemaah haji dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan sesuai domisili jemaah haji dan diinput oleh tim penyelenggara kesehatan haji kabupaten/kota ke dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (Siskohat). 

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan jemaah haji terdiri atas yakni pertama pemeriksaan medis (medical check-up), kedua pemeriksaan kognitif, ketiga pemeriksaan kesehatan mental, dan keempat pemeriksaan kemampuan melakukan aktivitas keseharian (activity daily living) secara mandiri.

Sementara itu, Pelaksana tugas Kasi Bimas Islam & Haji H.Mashyur menegaskan Penyelenggaraan ibadah haji 2024 bakal diwarnai pengetatan istitha'ah kesehatan untuk menekan angka jemaah sakit dan wafat selama di Arab Saudi. Istitha'ah (kemampuan) merupakan syarat wajib haji yang meliputi beberapa aspek, salah satunya kesehatan. calon jemaah haji akan menjalani dua kali pemeriksaan dengan tujuan agar mereka dapat mengetahui kondisi dini kesehatannya dan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pemulihan. Jika pada pemeriksaan kedua, sambungnya, kondisinya sudah baik, maka jemaah yang bersangkutan berhak melunasi.

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex