KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
15 November 2023 0:0:0 172

MTQ Ke-V dan Festival Seni Qasidah Tingkat Kabupaten Morowali Utara Resmi di Buka

Ket: Kakankemenag Morowali Utara saat memberikan sambutan pada pembukaan MTQ ke V Tingkat Kabupaten Morut


Morowali Utara (Kemenag Sulteng) - Kementerian Agama(Kemenag) Kabupaten Morowali Utara bersama Pemerintah Daerah menyelenggarakan Musabaqoh Tilawatil Qur'an(MTQ) ke V dan Festival Qasidah Tingkat Kabupaten Morowali Utara Tahun 2023.

Pembukaan MTQ Ke-V dan Festival Seni Qasidah Tingkat Kabupaten Morowali Utara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Morowali Utara H.Gjira, di pelataran Kantor Bupati Morut. Selasa(14/11) malam. 

Kegiatan dibuka dengan penampilan Defile kafilah yang berasal dari 10 Kecamatan se-Kabupaten Morowali Utara, selanjutnya Pembacaan Doa oleh Ustadz Lalu Akroman M.H.I dari Kementerian Agama Morowali Utara serta pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang dibawakan oleh Hj.Masriah Abd. Gani dan Hj.Hasni H.Timi.

Dalam event besar umat Islam ini, Wabup Djira mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Dia mengatakan kegiatan keagamaan yang ada di Kabupaten Morowali Utara akan selalu mendapatkan dukungan penuh oleh Pemerintah Daerah, hal ini dilakukan agar Kabupaten Morowali Utara memiliki masyarakat yang religius.

Menurutnya memiliki masyarakat yang religius sangat erat kaitannya dengan visi misi yang dimiliki oleh Kabupaten Morowali Utara yakni mewujudkan masyarakat yang sehat cerdas dan sejahtera.

"Sehat yang dimaksud bukan hanya sehat secara fisik namun sehat secara spiritual. Begitu pula dengan Cerdas, beliau ingin masyarakat bukan hanya cerdas secara akademis namun dapat cerdas secara spiritual. Dengan kesehatan dan kecerdasan spiritual maka kesejahteraan akan dapat terwujud," ujarnya.

Dirinya berharap pelaksanaan MTQ dan Festival Seni Qasidah (LASQI) ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Semoga pelaksanaan MTQ dan Festival Seni Qasidah Tahun 2023 akan membawa keberkahan dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat, bahagia di dunia dan juga bahagia di akhirat," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Morowali Utara Dr. H Abdul Mun'im, M.H.I mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap kitab suci Al Qur'an, memahami, menghayati serta mengamalkan isi kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mun'im berharap pelaksanaan MTQ yang sudah menjadi salah satu syiar agama yang telah membudaya di masyarakat dapat menjadi upaya untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki ketahanan mental spiritual yang tinggi.

Wabup Djira yang didampingi oleh Ketua DPRD Hj. Warda Dg Mamala, dan unsur Forkopimda Morut, Kepala Kantor Kemenag Morut Dr. H Abdul Mun'im, M.H.I serta Ketua Panitia Ir. Musda Guntur  melakukan pemukulan Bedug sebagai tanda dibukanya secara resmi Pelaksanaan MTQ Ke-V dan Festival Seni Qasidah Tingkat Kabupaten Morowali Utara Tahun 2023.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pengibaran Bendera MTQ, pertunjukan Tari Kolosal dan ditutup dengan penampilan Bintang Vocalis LASQI Privinsi Sulteng Dra. Muslimah Pay, M.Pd.

Hadir dalam kegiatan Ketua DPRD Morut Hj. Warda Dg Mamala SE, Dandim 1311 Morowali/Morowali Utara Letkol Inf. Alzaki, SE, MM, MBA, M.M.A.S, Ketua II DPRD Morut Muhammad Safri, Sekda Morut Ir. Musda Guntur, MM, Kapolsek Petasia IPDA Paisal, sejumlah pejabat Eselon II dan III Lingkup Pemda Morut, Camat se-Morowali Utara, Ketua LPTQ Kecamatan se-Morut sejumlah Pimpinan Ormas Islam serta sejumlah tokoh agama se-Kabupaten Morowali Utara.

 

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex