KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
8 November 2023 0:0:0 227

Siswa MTs Negeri 1 Buol Mendulang Prestasi di Ajang Festival Pelajar Buol Mopani

Ket: Foto seluruh pemenang lomba


Buol (MTsN 1 Buol),-Siswa MTs Negeri 1 Buol Mendulang Prestasi di Ajang Festival Pelajar Buol Mopani. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buol. Festival Pelajar Buol Mopani ini merupakan acara rutin tahunan sejak tahun 2017. Acara ini mengusung tema “Melestarikan Tradisi Mencintai Budaya” kegiatan ini menyasar pelajar-pelajar dikabupaten buol sebagai tujuan para generasi muda ini dapat mencintai kebudayaan daerahnya.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 2-6 November 2023 di lapangan eks STQ ini, menyelenggarakan beberapa lomba seni budaya dan permainan tradisional. Seperti teater tradisonal, tari kreasi, kalaar (hadang), Lagu Daerah, pidato bahasa buol dll. Setiap cabang lomba yang diadakan, pesertanya dibedakan sesuai jenjang pendidikan. Sehingga tidak semua lomba dapat diikti oleh tingkat pendidikan.

MTs Negeri 1 buol sendiri mengikuti lomba paki (gasing) dan kalaar (hadang) untuk jenis lomba permainan tradisonal. Sementara lomba seni budaya, tari kreasi dan lagu daerah. Lomba permaianan tradisional dilaksanakan pada pagi hari, dan lomba seni budaya dilaksanakan pada malam harinya.

Pada malam penutupan yang dilaksanakan tanggal 6 November 2023, MTs Negeri 1 Buol meraih prestasi pada dua jenis lomba yang diikuti. Adapun siswa meraih prestasi yakni Nurul Syifa juara kedua untuk lomba pop solo putri. Raihana Ramadani, Raisah Aqilah dan Gresya Adelia juara ketiga lomba tari kreasi.

Tari kreasi ini merupakan karya dari guru MTs Negeri 1 Buol, Bapak Sumardi, tidak ketinggalan pula ibu Nurain Faizun dan ibu Adinda Zelika selaku penata busananya.

Ini adalah kali pertama madrasah kita mengikuti lomba Festival  Pelajar Buol Mopani. Pada awal surat edaran masuk dimadrasah, kita langsung mencari siswa yang berbakat untuk diseleksi menjadi peserta pada lomba-lomba yang akan diikuti, ujar Kepala MTsN 1 Buol Usamah.

"Alhamdulillah dengan segala upaya dari tim madrasah terutama para penanggungjawab tiap lomba, madrasah kita mendapatkan 2 kemenangan. Tentunya ini menjadi kebanggan kita dan pengalaman berharga bagi setiap siswa yang mengikuti lomba. Semoga dari kemenagan ini, lebih banyak anak-anak yang tertarik dengan kesenian daerah buol” pungkasnya.

 

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex