KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
19 November 2019 0:0:0 1013

Bupati Poso membuka MTQ XXVIII Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Poso

Ket: Foto Bupati Poso, Darmin A. Sigilipu, Kapolres Poso, Dandim 1307 Poso, Anggota DPRD Kab. Poso bersama seluruh Dewan Hakim MTQ Tingkat Kab. poso


Poso ( Humas Kemenag ) – Bupati Poso, Kol. Mar (Purn). Darmin. A. Sigilipu, membuka Musabaqah Tilawatil qur’an ( MTQ ) XXVIII Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Poso, bertempat di Gedung PGRI Poso, Senin, (18/11).

Pembacaan Ayat Suci Alqur'an oleh Ustadz Baharuddin, M.Pd.I

Pada MTQ kali ini, mengambil tema “ Dengan Musabaqah tilawatil Qur’an (MTQ), Kita Tingkatkan Kualitas Pengamalan Nilai – nilai Universal Isi Kandungan Al – Qur’an Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Beragama Dalam Bingkai Sintuwu Maroso.”

Sebelum membacakan sambutannya, Bupati Poso melantik para Dewan hakim MTQ Tingkat Kabupaten Poso, yang disaksikan oleh unsur Forkopimda dan para tamu undangan lainnya.

Sambutan Bupati Poso, Kol. Mar (Purn). Darmin A. Sigilipu.

Dalam sambutannya Bupati Poso mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah MTQ ke XXVIII tingkat Kabupaten Poso, serta mengajak kepada seluruh warga masyarakat Poso untuk bersama–sama mensukseskan digelarnya MTQ ke XXVIII tingkat Kabupaten Poso ini.

”Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah MTQ Ke XXVIII tingkat Kabupaten Poso Tahun 2019. Semoga suasana nyaman dapat memberikan dukungan pada setiap peserta untuk mengukir prestasi pada MTQ kali ini. Saya mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Poso untuk bersama-sama mensukseskan jalannya MTQ Ke XXVIII Tingkat Kabupaten Poso sebagai bagian dari usaha kita bersama menjunjung tinggi kemuliaan Al-Qur`an serta meningkatkan syiar Islam menuju Kabupaten Poso yang bermartabat, Nyaman dan sejahtera dalam upaya mewujudkan masyarakat Poso yang madani, agamis sejahtera dan berkeadilan dalam NKRI,” kata Bupati Poso. Selain itu menurut Bupati, kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaga nilai-nilai Al-qur’an dan menumbuh kembangkan kebiasaan masyarakat Poso dalam membaca, memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-qur’an.

Penampilan Siswi MAN 1 Poso, pada acara Pembukaan MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Poso.

Bupati juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat Poso untuk mengikuti acara dengan baik dan khidmat sehingga dapat manfaat setelah acara selesai. Pada sisi lain bupati meminta agar para Dewan Hakim bisa berlaku adil dan objektif dalam memberikan penilaian sehingga memuaskan semua pihak. “Saya meminta kepada seluruh peserta atau kafilah dapat bertanding secara Sportif dan motivasi tinggi sehingga kegiatan ini akan menghasilkan para juara dengan kualitas terbaik yang menjadi kebanggan masyarakat Poso," Tambah Bupati.

Masih kata Bupati Darmin A sigilipu, mari kita laksanakan seluruh kegiatan MTQ dengan dasar kecintaan terhadap Al-Qur`an. Semoga hati kita akan senantiasa dekat dengan Al-Qur`an sehingga seluruh aktivitas kehidupan kita berlandaskan nilai-nilai Al-Qur`an.

”Akhirnya kepada seluruh peserta, saya ucapkan selamat mengikuti setiap kegiatan MTQ mulai dari Tilawatil Qur`an, Tahfidz, Tafsir, Syarhil, Fahmil, Menulis Kandungan Ilmu Qur`an hingga Kaligrafi. Semoga Allah SWT mencatat kelurusan hati dan niat kita untuk menjaga kekhidmatan MTQ sebagai upaya memuliakan dan mengagungkan Al-Qur`an,” ucapnya.

Sambutan Kakan Kemenag Poso yang di bacakan oleh Kasi Bimas Islam, H. Wawa Suryatna.

Sementara sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Poso yang di wakili oleh Kasi Bimas Islam, H. Wawa Suryatna, M. Hi mengatakan bahwa di selenggarakannya MTQ tentu tidak hanya sekedar bermakna sebagai penebus syiar Islam, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau outcome kegiatan pemahaman baca tulis Al-Qur’an yang berlangsung di tengah mayarakat melalui 166 Taman pengajian yang ada di Kabupaten Poso, 9 Madrasah Diniyah, dan 7 Pondok Pesantren yang tersebar di seluruh Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Poso.

Dengan kegiatan MTQ pada malam hari ini, di harapkan nanti akan lahir qori dan qoriah, hafizd dan hafidzah, mufatsir dan mufatsirah, yang berprestasi secara mandiri sehingga menjadi duta pada setiap penyelanggaraan MTQ untuk di tingkat selanjutnya, yaitu tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang di laksanakan di Kabupaten Banggai Kepulauan.

Kaum muslimin meyakini bahwa Al-qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan yang tidak habis-habisnya untuk digali dan di kaji, untuk itu kajian-kajian Alqur’an perlu digiatkan di lingkungan masyarakat kita menuju pada pemahaman yang utuh dan benar serta memerlukan bimbingan dari pada alim ulama yang berkompeten di dalamnya.

Dalam kaitan ini, Kami Kementerian Agama mengajak semua lembaga keagamaan di kabupaten Poso, untuk lebih meningkatkan perannya membina disiplin ilmu yang berkaitan demgan Alqur’an.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami mengajak pada seluruh Alim ulama, guru, pimpinan pondok pesantren dan pimpinan umat, marilah kita maju secara bersama meningkatkan pemahaman dan penghayatan serta pengamalan ajaran Islam di tengah masyarakat, khususnya di bumi Sintuwu Maroso yang kita cintai”, ajaknya.

Pembacaan Do'a oleh Kasi Pendis Kemenag Poso, Azhar, S.Ag.

Kepala Kantor Kementerian Agama dalam sambutannya yang di bacakan oleh Kasi Bimais, H. Wawa Suryatna, mengingatkan bahwa kegiatan MTQ hendaknya di hindarkan dari sifat rutinitas dan seremonial belaka, yang kehilangan makna. Untuk itu mari kita jadikan penyelenggaraan MTQ sebagai moment untuk mendorong, meningkatkan pengetahuan, panghayatan dan pengamalan Alqur’an di lingkungan keluarga, masyarakat dan bangsa kita.

Sebelum menutup sambutannya, Kakan Kemenag Poso, mengucapkan selamat mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Poso yang ke XXVIII kepada peserta. Dan kepada dewan hakim , selamat mejalankan tugas sesuai dengan amanah yang di embannya.

Sebelum membuka MTQ pada pukul 20.00, Bupati Poso, Darmin A. Sigilipu pada pukul 09.00 pagi, melepas peserta Pawai Taaruf yang diikuti oleh seluruh peserts MTQ bertempat di Halaman Kantor Bupati Poso.

Pembukaan MTQ ini di hadiri unsur Forkopimda Kab. Poso, Ketua MUI Kab. Poso, seliruh peserta MTQ dan tamu undangan lainnya.

 

Tags terkait: -
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex