- Kontributor
29 Juni 2021 0:0:0 161

Plt. Kakanwil Kemenag Sulteng laksanakan Monev hasil US PAI di Morowali

Ket: Plt. Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah DR. H. Gasim Yamani, M.Ag., pada acara Monev hasil US PAI di Kabupaten Morowali (29/6)


Morowali (Kemenag Sulteng) – Plt. Kakanwil Kemenag Sulteng yang juga Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, H. Gasim Yamani, gelar Monev hasil US PAI di Kabupaten Morowali, kegiatan dilaksanakan di aula SMP Negeri 1 Bungku, (29/6)

Muksin selaku Ketua Pokjawas PAI, menyampaikan beberapa aturan yang melandasi pelaksanaan ujian sekolah Tahun 2020/2021 yaitu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan nomor 43 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ujian yang diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional; Surat Edaran nomor I tahun 2021 tentang peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah dalam masa darurat penyebaran Corona virus Disease (Covid-19).

Lebih lanjut Muksin melaporkan berdasarkan pantauan dari Tim Monitoring Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali bahwa pelaksanaan Ujian Sekolah Mata Pelajaran PAI di seluruh Sekolah Madrasah dan Sekolah Umum dikabupaten Morowali berjalan lancar, aman dan terkendali sesuai dengan ketentuan dan harapan kita semua.

Kasi Pendidikan Agama Islam pada PAUD dan Pendidikan Dasar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah H. M. Nasir, menyampaikan tujuan dilaksanakan monev hasil Ujian Sekolah (US) PAI yakni untuk menilai pencapaian kompetensi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, meningkatkan mutu penilaian Pendidikan Agama Islam pada satuan pendidikan, serta untuk mengevaluasi kinerja satuan pendidikan berdasarkan hasil penilaian Pendidikan Agama Islam,“ papar Nasir saat menjelaskan tentang maksud kedatangan Tim ke Kabupaten Morowali.

Lebih Lanjut Kegiatan monev ini sangat penting untuk dilaksanakan untuk melihat sejauh mana pelaksanaan Ujian Sekolah Mapel PAI di Kabupaten Morowali baik pada Sekolah Madrasah maupun pada Sekolah Umum, apakah sesuai dengan ketentuan yang berlaku."

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, H. Gasim Yamani, yang juga sebagai Plt. Kakanwil Kemenag Propinsi Sulteng berpesan kepada guru PAI “jadilah guru yang dimuliakan Allah, Tuhan Yang Maha Esa.

Menurutnya ada tiga ciri guru dalam mengajar pertama guru Mualim yaitu guru yang  hanya memberikan/mentransfer Ilmu, ini belum cukup. Tingkatkan menjadi guru yang kedua, Mudarris yaitu guru yang dalam mengajar tidak hanya memindahkan ilmu tetapi memberikan contoh secara langsung, namun ini juga masih belum cukup dikatakan beliau bila ingin menjadi guru yang betul-betul dimuliakan allah maka jadilah guru jenis yang ketiga, yakni Murabbi yaitu menjadi guru yang bukan hanya memberikan ilmu tetapi juga mendidik, memperbaiki dan memberikan contoh dengan ikhlas serta senantiasa menyayangi pelajar dan menasihati dan membimbing dalam pembentukan syahsiyah mereka. Pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Plt. Kasi Pendis Kemenag Kab. Morowali (Muhtadi), Guru-guru PAI Sekabupaten Morowali. (NW)

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex