- Kontributor
12 Agustus 2022 0:0:0 184

MAN 2 Kota Palu Sambut Kunjungan Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan BAPPENAS

Ket: Kunjungan Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan BAPPENAS, Amich Alhumami (tengah) di MAN 2 Kota Palu, didampingi oleh Kabid Penmad Kanwil Provinsi Sulawesi Tengah, Kiflin Padjala (kiri) dan Kepala MAN 2 Kota Palu (Muh. Syamsu Nursi (kanan)u


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Bappenas memiliki peran penting dalam dunia pembangunan pendidikan di Indonesia. Dalam menjalankan salah satu tugasnya yaitu melakukan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan perencanaan pembangunan, Bappenas melaksanakan kunjungan ke beberapa daerah di Indonesia.

Dalam kunjungan silaturahminya ke Sulawesi Tengah belum lama ini, Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Amich Alhumami, menyempatkan diri mengunjungi dan melihat kondisi Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu serta beberapa madrasah di wilayah kota palu.

MAN 2 Kota Palu menerima kehadiran Direktur Bappenas tersebut pada hari Selasa, 09/08/2022, menyusul pertemuan dan dialog bersama yang dihadiri oleh para kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru se-Kota Palu di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Palu.

Dalam kunjungannya di MAN 2 Kota Palu, Amich Alhumami, didampingi oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Provinsi Sulawesi Tengah Kiflin Padjala. Kunjungannya bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi sarana dan prasarana madrasah terkini setelah proses rehab bangunan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Menyempatkan diri meninjau ruang kelas dan berbincang dengan guru yang sedang bertugas. Dia menyatakan keprihatinannya atas kondisi terkini MAN 2 Kota Palu. Ketersediaan ruang kelas yang baik namun tidak dilengkapi dengan mebeler sebagai perlengkapan proses pembelajaran menyebabkan seluruh siswa kelas X harus belajar sambil melantai.

Dalam wawancaranya dengan MAN 2 TV Palu, Amich menjelaskan prosedur yang bisa ditempuh untuk mengatasi kondisi tersebut. Dirinya menganjurkan agar kepala madrasah dapat secara aktif menyusun proposal kebutuhan mebeler madrasah dan berkomunikasi dengan pihak terkait seperti Kantor Kementerian Agama Kota atau Kabupaten dan kemudian diteruskan ke Kantor Wilayah Provinsi. Hal tersebut akan membatu tugas Kementerian Agama RI dalam mengidentifikasi madrasah yang telah selesai pembangunannya oleh PUPR namun tidak memiliki mebeler. Proses tersebut akan dilakukan  secara bertahap dan Bappenas akan mengakomodasi hasil identifikasi tersebut sesuai dengan proses penyusunan anggaran nantinya, jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Muh. Syamsu Nursi selaku kepala MAN 2 Kota Palu menyampaikan rasa syukurnya atas kunjungan Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan Bappenas tersebut. Syamsu menyatakan bahwa selama ini  dirinya telah berupaya secara maksimal dalam hal pengadaan mebeler MAN 2 Kota Palu, namun masih belum membuahkan hasil.

Olehnya, Syamsu berharap semoga kedatangan Direktur Bappenas tersebut dapat memberikan titik terang serta solusi untuk mengatasi permasalahan yang tengah dihadapi di madrasahnya.

“Semoga kunjungan serta arahan yang telah diberikan oleh Bapak Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan Bappenas ini dapat berbuah manis. Kami berharap persoalan mebeler  yang saat ini sedang kami hadapi dapat segera teratasi agar proses pembelajaran di MAN 2 Kota Palu dapat berjalan lancar dan tanpa kendala" pungkasnya. 

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex