KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
1 Juni 2022 0:0:0 526

MTsN 1 Kota Palu Laksanakan Pelepasan/Perpisahan Siswa Kelas IX

Ket: Foto Acara Pelepasan/Perpisahan (30/05/2022)


 

Palu (MTsN 1 Kota Palu), Ada pertemuan ada juga perpisahan, setelah 3 tahun menuntut ilmu di MTs Negeri 1 Kota Palu tiba saatnya seluruh Peserta didik kelas IX diserahkan kembali kepada Orang tua untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Perpisahan dan Pelepasan Peserta Didik kelas IX dilaksanaan pada hari Senin 30 Mei 2022 bertempat di Asrama Haji Transit Palu. Acara Perpisahan dan Pelepasan ini dihadiri oleh Kakan Kemenag Kota Palu, Anggota DPRD Kota Palu, Ketua Pokjawas, Pengawas Pembina, Ketua Komite, Kepala-kepala Madrasah Se-KKM MTsN 1 Kota Palu, Kepala MTsN 1, Dewan Guru dan Staf TU, orang Tua/Wali Siswa, serta Siswa-siswi kelas IX yang berjumlah 285 siswa.

Kepala Madrasah Hj. Rusdiana menyampaikan kegiatan perpisahan ini menjadi kegiatan tahunan yang telah di programkan oleh Madrasah bersama Komite, dan atas kerja sama semua pihak di MTsN 1 Kota Palu, sehingga dapat berjalan dengan lancar. “kami berpesan kepada Siswa kelas IX, selamat dan sukses menempuh pendidikan yang tinggi, selamat berpisah. Berpisah hanya fisik dan tidak dengan jiwa, Guru-guru di MTsN 1 akan selalu bersama, silaturahmi tetap terjalin antara Alumni dengan Madrasah”. Ungkapnya.

Walaupun dilaksanaan secara sederhana namun pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dengan hikmat dan tertib, seluruh peserta terlihat antusias dan senang dalam melaksanakan prosesi perpisahan dari awal sampai akhir. Harapan kepala Madrasah dalam perpisahan dan pelepasan Peserta didik Kelas IX adalah " Agar mereka nantinya bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta bisa menerapkan ilmu yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari, bisa menjadi contoh yang baik dalam lingkungan masyarakat." Lebih lanjut Hj. Rusdiana berharap "agar nantinya MTs Negeri 1 Kota Palu bisa lebih maju lagi dan menjadi Macan Madrasah dan bisa bersaing dengan Madrasah-Madrasah yang lain," Tegas Hj.Rusdiana selaku Kepala MTs Negeri 1 Kota Palu.

Kakan Kemenag Kota Palu H. Nasrudin L Midu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kalian adalah Alumni yang berdedikasi tinggi dan berbakti kepada Almamater yang telah mendidikmu, Gurumu telah memberikan yang terbaik untuk kalian, maka saya berpesan kepada baik yang meningalkan dan yang akan di tinggalkan.” Lanjut beliau, di kutip dalam Al-Qur’an surah Al-Lukman: “Dan ingatlah ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, Wahai anakku, Janganlah engkau mempersekutukan Allah swt, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kezaliman yang besar."

Siswa Madrasah memiliki nilai tambah, selain mendapatkan pelajaran umum, juga mendapatkan pelajaran agama. kepada kedua orang tua, kami mengucapkan terima kasih dan selamat kepada orang tua yang telah menyekolahkan anaknya di MTsN 1 Kota Palu, anak-anak mempunyai pengetahuan agama sebagai bekal dan tabungan terbesar baik dalam kehidupan dunia maupun di akhirat kelak.” Jelasnya.

Dalam kegiatan perpisahan ini ada beberapa rangkaian acara yang di ikutsertakan yaitu Pemberian penghargaan kepada siswa-siswi Hafidz Al-Qur'an, dan Launching TV Chanel MTSN 1, Dalam sambutannya Kakan Kemenag menambahkan " Bagi siswa yang telah menyelesaikan Hafalan Al-Qur'an baik yang 19 Juz, 8 Juz,5 Juz, 4 Juz dan 2 Juz, mereka menjadi harapan bagi Madrasah terlebih lagi bagi kedua orang tua, program unggulan MTsN 1 Kota Palu terkait dengan Tahfidz Al-Qur'an terus di lanjutkan agar anak-anak Madrasah cinta dengan Al-qur'an sehingga mendapat rahmat dan berkah dari Allah swt.

Lanjutnya, TV Channel MTsN 1 yang sudah di resmikan, ini merupakan gebrakan baru dalam memajukan madrasah untuk memberrikan informasi-informasi dan pelayanan terhadap masyarakat, teruslah berkarya Madrasah Hebat dan Bermartabat,ungkapnya.

Acara perpisahan ini di hadiri oleh salah seorang Anggota DPRD Kota Palu Bapak Rusman Ramli, selaku Dewan Penasehat Komite MTsN 1 Kota Palu. Saat di temui beliau menyampaikan, ”Perpisahan merupakan keinginan para siswa, karena momen tersebut merupakan kenang-kenangan terakhir mereka, bersama teman dan guru disini, jadi agar lebih berkesan, kita usahakan kegiatan seperti ini terus di laksanakan setiap tahunnya, dan lebih semarak lagi, Kami dari komite siap untuk memfasilitasi Madrasah bersama orang tua/wali siswa untuk terus memajukan Madrasah”. Tutupnya.

*Supardi*

 

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex