- Kontributor
13 Desember 2022 0:0:0 99

Kakankemenag Donggala Buka Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Tingkat Madrsah Tsanawiyah

Ket: Kepala Kantor Kemenag Donggala H. Rusdin, membuka secara resmi kegiatan musyawarah guru mata pelajaran tingkat Madrasah Tsanawiyah


Donggala (Kemenag Sulteng), Pembukaan Kegiatan Pelatihan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA dan Bahasa Indonesia, di Lingkungan Kantor Kemenag  Donggala, dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Donggala, H. Rusdin,  sekaligus memberikan  arahan, di Aula Madrasah  Tsanawiyah Negeri  1 Donggala, Selasa (13/12-2022).

Dalam arahannya, H. Rusdin, mengatakan bahwa musyawarah guru mata pelajaran, sebagai asosiasi  atau himpunan guru memegang peranan strategis untuk meningkatkan dan memperkuat kompetensi guru  melalui diskusi dan pelatihan, peran utamanya adalah memfasilitasi guru dalam bidang studi yang sama bertukar pendapat dan pengalaman.

Namun masih banyak guru yang tidak aktif sehingga tidak berkembang dan statis walaupun sudah mengikuti kegiatan MGMP, akibat  tidak banyak peran yang bisa dilakukan MGMP, kemampuan guru  mengajar yang ditunjukkan  oleh indikator  keberhasilan siswa  masih rendah, ujarnya.

Olehnya  itu, MGMP atau musyawarah guru mata pelajaran, adalah forum atau wadah yang mempasilitasi perkumpulan  guru mata pelajaran  yang sama untuk mengembangkan  profesionalitas  kerja  kepada  guru-guru  yang bergabung  di dalamnya,  seperti guru MTs/ SMP atau sederajat, ungkapnya.

Tambah H. Rusdin,  MGMP  juga menjadi  sirkulasi  utama pembinaan  dan informasi terkait kegiatan  peningkatan program  pemerintah, meningkatkan kemampuan  dan keterampilan  guru dalam proses  kegiatan belajar mengajar, yang meliputi kesiapan, pelaksanaan  dan evaluasi hasil pelajaran.

Kemudian MGMP  menjadi forum untuk menyetarakan kemampuan guru di bidangnya guna menunjang pemerataan peningkatan kegiatan belajar mengajar, jadi forum diskusi untuk guru mengenai  permasalahan yang terjadi sehari-hari  selama proses  belajar mengajar, tuturnya.

Kegiatan  diikuti oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam,  Zainal Abidin, sekaligus  pemateri, Ketua Panitia Pelaksana, Iskal dan guru-guru mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia sebanyak 39 orang  dari seluruh  Kabupaten Donggala.

 

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex