- Kontributor
27 Desember 2022 0:0:0 204

Kembangkan Madrasah, MTsN 1 Kota Palu Studi Tiru di MTsN 1 Kota Makassar

Ket: Foto Rombongan Studi Tiru Bersama Kepala MTsN 1 Kota Makassar (22/12/2022)


Palu (MTsN 1 Palu), Guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di madrasah, MTsN 1 Kota Palu mengadakan kegiatan kunjungan studi tiru di MTsN 1 Kota Makssaar pada hari Rabu (22/12/2022).

Rombongan ini diikuti sejumlah 29 guru dan diterima langsung oleh Kepala MTsN 1 Kota Makassar, H. Zulfikah Nur, S.Pd.I,M.Pd.I Penyambutan dilakukan di lantai 1 Ruang Rapat Kepala Madrasah. Tim MTsN 1 Kota Palu melakukan studi tiru untuk meningkatkan mutu madrasah pada bidang Riset, Tahfidz, Sains, dan Sukses Masuk ke sekolah lanjutan MA/SMA/SMK.

Kepala Madrasah Hj. Rusdiana, S.Pd, M.Pd saat memberikan sambutan menyampaikan ucapan terima kasih telah diizinkan untuk bersilaturahmi serta mendapat sambutan yang baik di MTsN 1 Kota Makassar.

“Tujuan kami kesini yang pertama untuk menjalin tali silaturahim antar madrasah. Apalagi kedua madrasah ini sama-sama di bawah naungan Kementerian Agama, di mana MTsN 1 Kota Makassar merupakan Madrasah Digital Berbasis Risert dan sudah banyak meraih prestasi sehingga MTsN 1 Kota Palu tertarik untuk menyerap ilmu sehingga dapat diterapkan di Madrasah kami.

Sementara itu Kepala MTsN 1 Kota Makassar menyampaikan ucapan selamat datang, ahlan wa sahlan bagi rombongan dari MTsN 1 Kota Palu. Pihaknya selalu terbuka untuk saling berbagi ilmu termasuk bagi MTsN 1 Kota Palu. Ada banyak madrasah yang datang berkunjung ke Madrasah kami.

Ia menambahkan setidaknya ada tiga hal yang perlu ditingkatkan oleh madrasah, yaitu layanan, penampilan, dan prestasi. Madrasah berbeda dengan sekolah karena lebih mudah pengelolaannya.

Sampai saat ini jumlah siswa MTs.N 1 Kota Makassar mencapai 1.400 siswa, dengan Program Asrama, Kelas Digital, Kelas Olah Raga,Kelas Berkarakter (Tahfidz) dan Kelas Seni. “ Saya berharap MTsN 1 Kota Palu bisa menimba ilmu dari MTsN 1 Kota Makassar berkaitan dengan managemen yang ada di MTsN 1 Kota Makassar. Bisa dilanjutkan dengan komunikasi intensif yg berkaitan dengan informasi yg dibutuhkan”. Jelasnya.

Menurutnya madrasah harus berani mengambil langkah yang inovatif. Hal ini perlu dilakukan di tengah persaingan dan perkembangan teknologi. Inovasi dapat dilakukan dengan melalukan identifikasi hal-hal yang bisa diunggulkan, kemudian melakukan perubahan melalui analisis SWOT”. Pungkasnya.

Acara dilanjutkan kunjungan ke beberapa tempat yaitu Kelas Asrama,Perpustakaan, ruang Robotic, Lab IPA, Ruang BK dan beberapa kelas Digital, yang dilakukan oleh Kepala Madrasah, waka kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Humas.dan seluruh Tim rombongan Studi Tiru MTsN 1 Kota Palu.

Tahfidz di MTsN 1 Kota Makassar, syarat utama untuk bisa masuk kelas ini yaitu harus mempunyai kemampuan menghafal dan siswa di Madrasah ini ada bisa menghafal sampai 14 Juz, setiap tahun dua kali dilakukan Wisuda Tahfidz dalam setiap semester untuk siswa yang sudah memiliki hafalan Al-qur’an minimal 3 juz.

MTsN 1 kota Makassar berhasil menyabet tiga gelar juara dalam ajang lomba 11 th World Robotic for Peace (WRP) 2022. Ajang robotik ini diselenggarakan oleh International Robotic Training and Competition di Universitas Teknologi Malaysia, Kuala Lumpur, 29 November hingga 1 Desember 2022.

Semoga kunjungan di MTsN 1 Kota Makassar membawa hasil yang bermanfaat dan berbagai karakteristik yang sesuai dapat diaplikasikan di MTsN 1 Kota Palu.

*Supardi*

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex