KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Muhadjir Kontributor
26 Juni 2024 16:20:0 139

Asesmen Kompetensi GTK, Kakankemenag Riatman: Pendidikan Menjadi Skala Prioritas Pembangunan Madrasah

Ket: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut H. Riatman A. Nursin saat membuka kegiatan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Banggai Laut Riatman A. Nursin didampingi Kepala Seksi Pendidikan Islam Ansar,  membuka kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024.

Asesmen ini digelar secara serentak diseluruh Indonesia dengan format digital melalui aplikasi AKGTK . Untuk AKGTK dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten di ikuti sebanyak 43 Peserta yang terdiri dari Guru, Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah.

Kakankemenag Riatman, menjelaskan asesmen kompetensi adalah penilaian terhadap kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah yang menjadi acuan untuk penyusunan kebijakan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan serta pemetaan kesesuaian kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan standar kompetensi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam yang bertujuan untuk mengukur kompetensi guru dan tenaga kependidikan, ada dua kompetensi dasar yang menjadi ukuran yakni kompetensi pedagogik dan kompetensi professional”. ungkap Riatman diruang MTs Negeri 2 Banggai Laut, Senin (24/06/2024)

Menurutnya, pendidikan menjadi skala prioritas dalam pembangunan madrasah. Guru dan tenaga kependidikan mempunyai tugas, fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pencapaian tujuan pendidikan di Indonesia.

“Saya berharap melalui asesmen ini peningkatan kompetensi guru dan tenaga pendidik khususnya di Banggai Laut dapat terus berkembang  sehingga akan berdampak langsung pada peningkatan prestasi siswa madrasah. Semoga kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar” pungkasnya.

Asesmen Kompetensi GTK berlangsung selama 3 hari dari tanggal 24 sampai 26 juni 2024 dibagi dalam 3 sesi. Pelaksanaan asesmen dilaksanakan pada titik Lokasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banggai Laut. (MH)

 

Tags terkait: -
Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex