- Kontributor
31 Maret 2022 0:0:0 183

MTsN 2 Kota Palu Gelar Kegiatan Khataman AlQuran

Ket: Kepala MTsN 2 Kota Palu, Hj. Munira, S.Ag saat menyerahkan piagam perhargaan kepada siswa siswi yang berprestasi pada kegiatan Khataman Al-Qur


(MTsN 2 Palu),- MTsN 2 Kota Palu menggelar kegiatan Khataman Al-Qur’an, Rabu(30/03/2022). Kegiatan ini berlangsung di Masjid “Nurul Jihad MTsN 2 Kota Palu”. Khataman Al-Qur’an ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan bagi siswa siswi kelas IX sebelum menyelesaikan pendidikannya di MTsN 2 Kota Palu.

Adapun waktu pelaksanaannya setelah berakhirnya ujian madrasah. Yang mana dalam dalam kesehariannya baik ketika berada di madrasah maupun di rumah, setiap siswa selalu diarahkan untuk melaksanakan kegiatan tadarrus, qira’ah serta hifdzil Al-Qur’an yang dikoordinir oleh pembina keagamaan Islam bersama wali kelas masing-masing.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa siswi kelas IX sejumlah 211 dan dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan MTsN 2 Kota Palu. Rangkaian Acara dimulai dari Khatam Al-Qur’an yang dipimpin oleh H. As’ad Dg. Parani bersama Syahyuddin, dengan pembacaan Surah Al-‘Alaq sampai dengan Surah An-Nas dan ditutup dengan pembacaan do’a Khataman.

Setelah rangkaian acara khataman Al-Qur’an selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala MTsN 2 Kota Palu, Hj. Munira, S.Ag. Dalam sambutannya, kepala madrasah mengapresisasi siswa siswi yang telah mengkhatamkan Al-Qur’an dan menghafalkan beberapa juz selama menempuh pendidikan di madrasah ini, sekaligus memberikan motivasi bagi mereka yang akan sebentar lagi akan mengkhatamkan dan menyelesaikan hafalannya.

 

Melalui kegiatan Khataman Al-Qur’an, Hj. Munira berharap agar hal ini dijadikan sebagai momentum agar kita semua senantiasa lebih meningkatkan lagi dalam membiasakan diri dalam membaca, menghafal dan memahami makna serta mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, apalagi tinggal menghitung hari, kita akan memasuki bulan Ramadhan 1443 H. Bahkan pada tahun mendatang salah satu program yang akan diterapkan dalam kriteria kelulusan bagi siswa siswi kelas IX adalah harus menguasai/menghafal Juz 28, 29 dan 30.

Setelah sambutan, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian sertifikat penghargaan bagi siswa peserta MTQ Tingkat Nasional dan Hifdzil Al-Qur’an kepada siswa kelas IX yang sudah menguasai/menghafal Juz 28, 29 dan 30 dengan baik dan juga pemberian piagam keikutsertaan dalam kegiatan khataman Al-Qur’an kepada seluruh siswa siswa yang sudah menguasai juz 30 dengan baik. (Naif Abdun)

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex