kemenagparigi H. Mohamad Ahdal, S. Fil. I Kontributor
26 Mei 2024 16:0:0 355

Kepala Kantor Kemenag Parimo, Ajak Masyarakat Ramaikan Hari Sejuta Kiblat

Ket: Kepala Kantor Kemenag Parimo, Ajak Masyarakat Ramaikan Hari Sejuta Kiblat


 

Parigi (kemenag sulteng)-Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Parigi Moutong H As'at Latopada mengajak masyarakat untuk berpartisipasi, mendukung dan ramaikan gerakan Hari Sejuta Kiblat.Hal tersebut diungkapkannya saat di hubungi melalui via smartphone, Sabtu 25 mei 2024.

As'at Latopada menyampaikan agar masyarakat khususnya yang berada di wilayah kabupaten Parigi Moutong untuk  memanfaatkan momen Rashdul Qiblah atau Istiwa' A'zham. Yakni ketika posisi matahari tepat di atas Kabah, yang akan  berlangsung pada hari Senin, 27 Mei 2024.

Pada hari senin itu Istiwa' A'zham akan terjadi tepatnya pukul 17.18 WITA, siapa saja dapat mengkalibrasi atau mengukur kiblatnya baik itu, masjid, rumah, kafe, penginapan, warung, serta kuburan, di masing-masing tempatnya,  tanpa perlu memiliki keahlian atau perangkat teknologi khusus.
Semua kita bisa meluruskan arah kiblatnya sendiri.
As'at menjelaskan kejadian pada hari senin itu,  telah diperhitungkan melalui metode ilmu falak, bayangan semua benda yang berdiri tegak lurus akan sejajar dengan arah kiblat.

Ini merupakan peristiwa astronomi, dan menurut para ahli akan terjadi dua kali dalam setahun, yakni umumnya pada tanggal 27-28 Mei dan 15-16 Juli, ketika deklinasi matahari sama dengan lintang geografis Kabah. 

As'at Latopada juga menerangkan Hari Sejuta Kiblat bukan untuk mengubah arah kiblat, terutama bagi masjid yang sudah diukur sebelumnya, tapi sebagai referensi bagi mereka yang belum mengetahui arah kiblat yang tepat dimana mereka berada.

Artinya kegiatan tersebut bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa pada saat Istiwa' A'zham terjadi warga dapat mengukur arah kiblat dengan mudah.
Momen istiwa’ a‘zham bersifat konfirmatif sehingga jika sudah benar, momen ini akan menegaskan kebenaran arah kiblat. 
Jika belum benar atau ada keraguan, ini menjadi kesempatan terbaik untuk memverifikasi arah kiblat," tutur As'at.

Olehnya sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Parigi Moutong, mari kita meriahkan momen ini.
Untuk kita semua dapat berpartisipasi dalam gerakan Hari Sejuta Kiblat, baik itu aparatur sipil negara, wirausaha, mahasiswa, pelajar serta masyarakat umum lainnya.
Hari Sejuta Kiblat dapat di ikuti dengan beberapa syarat dan ketentuan berikut, di antaranya mendaftar melalui tautan s.id/harisejutakiblat, mengikuti akun Instagram @bimasislam dan @harisejutakiblat, mengunggah foto saat melakukan pengukuran arah kiblat, serta menandai dan menyebutkan akun @harisejutakiblat dalam foto yang akan diunggah.

Saat di lapangan nantinya Kementerian Agama kabupaten Parigi Moutong melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam akan melakukan di Kantor Kementerian Agama kabupaten Parigi Moutong, Kantor Urusan Agama kecamatan se-kabupaten Parigi Moutong dengan melibatkan para Tim Hisab dan Rukyat yang ada lingkungan Kemenag Parimo.
(Ahdal)

 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: Bimas Islam
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex