- Kontributor
22 Agustus 2023 0:0:0 224

KFPI Sulteng Siap digelar September 2023

Ket:


Palu (Kemenag Sulteng) - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah kembali menggelar Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI). Genre, judul dan tema film yang dilombakan berbeda setiap tahun. Tahun 2023 ini, film pendek Islami yang dilombakan adalah film dokumenter. Sebelumnya Tahun 2022 digelar film Islami, dan Tahun 2021 film animasi yang dilombakan. 

Ketua Pelaksana KFPI Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, Sofyan Arsyad mengatakan KFPI diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia mulai April hingga September 2023.  Mengusung tema “Agama, Budaya dan Kerukunan  Bangsa”, acara tahunan di lingkungan Bimbingan Masyarakat Islam ini memperebutkan total hadiah Rp 15 juta bagi tiga film terbaik.

Pendaftaran dimulai sejak akhir April 2023 lalu dan berakhir 31 Agustus  2023. Namun, panitia berencana memberikan tambahan waktu hingga awal September 2003. “Jadi, masih ada waktu. Silahkan daftarkan film terbaikmu,” ajak Sofyan. 

Sesuai jadwal Subdit Seni Budaya dan Siaran Keagamaan Islam (SBSKI) Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, penjurian film wilayah Provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan tanggal 11 s.d 13 September 2023. Para juri berasal dari berbagai kalangan yakni, seniman/budayawan, influenser/MMA, Ahli IT/akademisi, Pegiat Perfilman dan juri pusat yang ditunjuk oleh Kemenag RI.

Beberapa aspek menjadi fokus penilaian dewan juri. Pesan yang disampaikan, misalnya, harus sesuai dengan tema dan tidak memicu pertentangan/permusuhan SARA. Selain itu, juri akan menilai aspek orisinalitas karya film, kualitas gambar dan tata suara (audio).

Menurut Sofyan, lomba film pendek Islami merupakan bagian dari kreatifitas dalam bidang dakwah dan seni budaya Islam. Karena bagi kalangan milenial khususnya, dakwah bukan lagi sebatas ceramah di atas mimbar. “Film pendek pun dapat dijadikan media dakwah, sepanjang dikemas dengan baik dan menarik menggunakan teknologi informasi,” ujarnya. 

KFPI terbuka untuk umum. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, peminat KFPI di Sulawesi Tengah cukup besar. Mereka rata-rata berusia muda, dan berasal dari berbagai kalangan seperti siswa, mahasiswa, guru, penyuluh agama dan sineas muda. Bukan sebatas kota Palu. Peserta Luwuk, Tolitoli dan Parigi Moutong juga tak ketinggalan ikut berkompetisi.*

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex