- Kontributor
13 Juli 2022 0:0:0 185

Pasca Armuzna, Kondisi Jemaah Haji Sulteng Sehat

Ket: Kakanwil saat mengunjungi pemondokan jemaah haji Kloter BPN-3 pasca Armuzna (13/7/2022)


Makkah (Kemenag Sulteng) – Pasca pelaksanaan ibadah puncak haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina), kondisi jemaah haji Sulteng sehat wal’afiat. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha selaku PPIH Pusat, usai menerima laporan dari seluruh kloter jemaah haji Sulteng, Rabu 13 Juli 2022.

 

Ketua Kloter BPN-3 H Sapri Mariadjang melalui pesan whatsapp mengatakan, seluruh jemaah haji di kloter tersebut dalam keadaan sehat. Jumlah jemaah yang telah melaksanakan Nafar Awal adalah 187 orang dan Nafar Tsani 173 orang. Keseluruhan jemaah ini pun telah melaksanakan Tawaf Ifadah dan Sai, hingga Selasa 12 Juli 2022.

 

Selanjutnya, kata Sapri, jemaah asal Sulteng kloter BPN-3 akan melakukan kegiatan ziarah ke beberapa tempat bersejarah di Kota Makkah dan Jeddah, sambil menunggu pemberangkatan menuju Kota Madinah. Di Madinah, jemaah juga akan melakukan ziarah ke beberapa lokasi bersejarah, sambil menunggu jadwal kepulangan menuju tanah air.

 

Pada Kloter BPN-4, jemaah asal Sulteng pun dalam keadaan sehat usai melaksanakan rangkaian Armuzna. Sebanyak 358 jemaah Sulteng telah melakukan Nafar Tsani dan saat ini jemaah telah berada di pemondokan di Makkah, yakni di Al-Kiswah Tower.

 

Menurut Riatman, selanjutnya jemaah akan melaksanakan Tawaf Ifadah, yakni mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali, Sai (berjalan dan berlari-lari kecil) dari Bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali, dan tahallul memotong rambut yang merupakan rangkaian rukun haji.

“Jadwal pelaksanaan tawaf Ifadhah insya Allah besok malam setelah adanya layanan transportasi Bus Shalawat,” ungkapnya.

 

Sementara itu, laporan petugas Kloter BPN-5, seluruh jemaah dalam kondisi fit, terdapat jemaah haji asal Sulteng yang menerima obat dari tim kesehatan, namun tidak sampai dirawat. Bahkan setelah Armuzna, Kloter ini juga diberikan istirahat selama dua hari, agar kondisi lebih fit dalam pelaksanaan tawaf ifadah. Menurut pembimbing ibadah haji asal Sulteng Moh Falatehan, Kloter ini akan melaksanakan Tawaf Ifadah pada Hari Kamis, Jum’at, dan Sabtu (14,15, dan 16 Juli 2022). Kloter BPN-5 merupakan gabungan jemaah haji asal Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur.

 

Dia juga mengatakan, setelah itu Ifadah, jemaah kembali melaksanakan ibadah rutin, atau melakukan ziarah, tergantung dari arahan Maktab. Menurutnya, jadwal berangkat ke Madinah yakni tanggal 30 Juli 2022. (imm/Lilis)

 

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi  Sulawesi Tengah Bapak H. Ulyas Taha, yang juga Pemantau Haji Indonesia (PPIH Pusat) menjenguk jemaah haji Sulteng Kloter BPN-3 yang menggunakan kursi roda di tenda Mina di dampingi Ketua Kloter dan Pembimbing Ibadah serta TKH Kloter BPN-3.

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex