- Kontributor
20 September 2022 0:0:0 1304

MTs Negeri 2 Tolitoli Gelar ANBK Tahun 2022

Ket: Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum


(MTsN 2 Tolitoli),-Pelaksanaan Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada tahun 2022 untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) tengah berlangsung. Kegiatan yang diikuti oleh peserta didik madrasah ini akan dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 19-20 September 2022. Selasa (20/9/22/)

Untuk diketahui, ANBK adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Sedangkan Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Program ini bertujuan dapat mendorong perbaikan mutu pembelajaran peserta didik. Dimana mutu satuan pendidikan ini dinilai berdasarkan hasil belajar siswa dari beberapa aspek yaitu literasi, numerasi, dan karakter.

Guntur Moh. Akbar, proktor ANBK menerangkan pelaksanaan ANBK ini dilaksanakan selama 2 hari yang terbagi atas tiga sesi. Adapun peserta yang terdaftar dalam pelaksanaan ANBK yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 45 untuk peserta utama dan 5 peserta cadangan.

Guntur menjelaskan bahwa pada teknis pelaksanaannya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh Madrasah agar kegiatan ANBK dapat berjalan dengan baik, yakni fasilitas media seperti komputer server, client, dan jaringan internet  tutupnya.

Salmin Yahyar, Kepala Madrasah mengungkapkan bahwa ada tiga instrumen penilaian dari ANBK yang menjadi bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Yang pertama Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa, kedua Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa, dan ketiga Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

“Alhamdulillah, sejauh ini ANBK di Madrasah kita berlangsung dengan lancar, adapun kendala yang muncul, bisa dengan segera teratasi. Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh civitas madrasah yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan ANBK ini, khusus yang menjadi bagian penting dalam penyelenggaraannya yakni proktor, teknisi, pengawas, serta seluruh siswa. Harapan kami melalui ANBK ini diperoleh hasil yang maksimal dan memberi gambaran kondisi sebenarnya MTsN 2 Tolitoli sebagaimana tujuan pelaksanaan ANBK”, tutupnya

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex