- Kontributor
7 Februari 2022 0:0:0 253

Seluruh Elemen Harus Berpikir Moderat

Ket:


 

Luwuk (Kemenag Banggai), Menjalin silaturahmi antar siswa, MAN 1 Banggai dan SMA 3 Luwuk melaksanakan Upacara bendera bersama. Bertindak sebagai pemimpin upacara Kacabdis pendidikan menengah wilayah V Abdurrahman Rumi, di hadiri Kasi Pendis Zaenal Abidin selaku PLH Kepala kantor Kemenag Kabupaten Banggai. 

Abdurrahman Rumi dalam pengarahannya mengatakan Sebagai manusia berpikir dan terpelajar dan sebagai generasi bangsa harus mampu bernalar dan memproses tiap informasi, sehingga tidak mudah terprovokasi sampai menjustifikasi kebenaran luaran kita yang seakan menempatkan sebagai yang terzalimi dan melakukan tindakan-tindakan tidak seharusnya dilakukan.

Sementara itu, PLh Kakankemenag Zaenal Abidin, dalam arahannya mengungkapkan tak dapat di sangkal di era informasi terbuka, klaim-klaim kebenaran bersebaran sangat cepat, dan mereka punya target-target menyampaikan keinginan mereka, dan umuran siswa paling cepat di pengaruhi, olehnya peran guru sangat dibutuhkan.

Lanjutnya, Siswa harus diapresiasi dan para pendidik juga orang tua mampu melihat potensi yang ada pada siswa. Memberikan ruang cukup pada siswa untuk berekspresi dan mendengarkan suara mereka. kita harus berpikir moderat. Siswa harus diapresiasi.  

"Saya sangat berharap para seluruh siswa menjadi generasi bermartabat" harapnya.

Zaenal mengingatkan, Posisi kita sebagai tenaga pendidik, kependidikan, serta orang tua harus memahami Pergerakan belajar industri 4.0 yang telah menjadi kebiasaan dalam berprilaku dan mungkin bertindak (sudah menghegemoni), tak bisa dipungkiri teknologi bagian dari kehidupan. Seharusnya mampu dimanfaatkan dengan baik.  Jika masih berpikir ‘tawuran’ untuk dapatkan identitas, mereka adalah orang yang tak mengikuti perubahan perkembangan teknologi.  

Penulis: Abduh

Editor: -
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex