- Kontributor
14 Juni 2021 0:0:0 173

Kakan Kemenag Poso Hadiri Pembukaan Pembinaan Dan Pelatihan Peserta STQH Ke XXVI

Ket: Pembukaan Pembinaan dan Pelatihan Peserta Kabupaten Poso Pada STQH Ke - XXVI Tingkat Provinsi Di Banggai Laut, dilaksanan di Hotel 77 Poso, Senin. (14/06/2021)


Poso (Kemenag Sulteng) – Salah satu upaya untuk menumbuhkan minat dan kecintaan di masyarakat untuk senantiasa membaca dan memahami Al-qur’an sebagai petunjuk dann pedoman hidup umat islam.

Untuk itu untuk meningkatkan kualitas, kompetensi dan wawasan keilmuan, Pemerintah Daerah Bagian Kesra menggelar kegiatan Pembinaan dan Pelatihan peserta Kabupaten Poso pada STQH Ke – XXVI tingkat provinsi Sulawesi Tengah yang akan dilaksanakan di Kabupaten Banggai Laut pada bulan Juli mendatang.

Kegiatan yang di buka oleh Sekda Kab. Poso, Yan Edward Guluda, dilaksanakan di Hotel 77 Poso, Senin (14/06/2021), di hadiri oleh Kepala Kemenag Poso, Makmur, Ketua LPTQ, Ari Pamungkas, Ketua MUI, Arifin Tuamaka, Kabag Kesra, Zainuddin, pimpinan Gontor Putri, dan Ketua PHBI, Dewan Juri serta 20 peserta yang akan mengikuti ajang tersebut.

Dalam laporannya, Zainuddin menyampaikan, STQH ini memperlombakan sebanyak empat cabang, di antaranya cabang tahfiz qur’an golongan anak-anak dan dewasa, cabang hifdzil qur’an golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz, cabang tafsir qur’an golongan bahasa arab hafalan 30 juz, dan cabang hadist hafalan 100 hadist dengan sanad.

“Dan ke empat cabang tersebut, Kabupaten Poso akan mengikuti seluruh cabang yang di perlombakan,” jelasnya.

Sementara itu Kakan Kemenag Poso, Makmur dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan STQ tentunya tidak hanya sekedar syiar Islam tetapi lebih jauh di harapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran nilai-nilai Al-Qur’an yang berangsur di masyarakat. Sehingga secara langsung dapat melakukan pengkaderan di masing-masing daerah-daerah sehingga dapat mengirim Qori Qoriah yang berpartisipasi secara mandiri.

“Besar harapan kita semua yang hadir disini, bahwa dengan empat cabang yang akan kita ikuti pada STQH tahun ini, dapat mengangkat prestasi Kabupaten Poso menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

Lebih lanjut Makmur menjelaskan bahwa semua yang kita harapkan akan terwujud bila kegiatan pembinaan dan pelatihan ini di maksimalkan oleh peserta.

Ditempat yang sama Bupati Poso dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda, Yan Edward Guluda menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu sarana yang dapat menyatukan umat islam. Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran agama islam yang di turunkan Allah SWT. Salah satu tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini mewujudkan kualitas qori qoriah dan meningkatkan pemahaman dan pengalaman nilai nilai dalam Al Quran serta menghasilkan Hafidz dan Hafizah yang berprestasi.

Pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pelatihan ini merupakan wujud nyata keseriusan dan kepedulian kita mengemban agama islam terutama dalam pembinaan generasi Qur'an di Kabupaten Poso. Selain mencari bibit untuk dipersiapkan mengikuti ajang atau lomba, seperti MTQ, baik itu nasional atau international.

"Kami Pemerintah daerah berharap semoga pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pelatihan peserta Kab. Poso pada STQH Ke – XXVI di Banggai Laut akan meningkatkan prestasi Kabupaten Poso menjadi lebih baik lagi kedepannya."

 

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex