- Kontributor
14 Oktober 2020 0:0:0 321

MAN IC Kota Palu Siap Ikuti KSN Biologi Virtual

Ket:


Palu (Kemenag Sulteng) - MAN Insan Cendekia Kota Palu menghadapi kegiatan KSN (Kompetisi Sains Nasional) yang mengambil tema “Sains Sebagai Jalan Peradaban”.

Pelaksanaan KSN digelar secara virtual se-Indonesia yang akan diikuti oleh 700 siswa SMA/MA terbaik pada seluruh provinsi. KSN menjadwalkan sembilan bidang lomba yang merupakan hasil penyaringan KSN tingkat Provinsi.

KSN dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Naim pada hari Selasa tanggal 12 Oktober 2020, dan akan berlangsung selama lima hari.

Mata pelajaran Biologi diikuti Dzar Ghifari, membawa nama Provinsi Sulawesi Tengah. Dzar telah melalui tiga kompetisi sebelumnya untuk mencapai KSN tingkat Nasional yakni KSN Tingkat Madrasah/Sekolah, KSN tingkat Kota dan KSN Tingkat Provinsi, sehingga layak untuk menjadi wakil Provinsi Sulawesi Tengah.

Dzar Ghifari sejak awal kompetisi tingkat Madrasah sampai dengan tingkat provinsi di gembleng secara terstruktur dan berkesinambungan, melalui berbagai bahan ajar, media pembelajaran, metode pembelajaran yang diberikan pembina mata Pelajaran yakni Ustazah Riskayati Latief, M.Pd dengan beragam bimbingan soal dan evaluasi-evaluasi yang secara bertahap dari tingkat kesukaran menengah hinggah tinggi.

Selain itu dzar mendapatkan pembimbingan khusus sehingga harus di karantina di asrama guru untuk mendapatkan bimbingan rutin baik sumber dari guru, buku, internet dan kepustakaan bank soal.

Riskayati selaku pembimbing, tidak hanya memberikan bimbingan akademis maupun juga bimbingan non akademis seperti cara belajar biologi, cara belajar mandiri dan pola hidup belajar dengan menggunakan berbagai cara dan media dengan fokus pada penyelesaian dan antisipasi ragam soal yang akan dihadapi di kompetisi nanti.

Riskayati mengatakan, Sulawesi Tengah harus bisa Juara di KSN tingkat Nasional. Harapan ini mendapat tanggapan motivasi dan semangat positif dari anak bimbingannya tersebut.

Kepala madrasah MAN IC Kota Palu, Soim Anwar, telah menyiapkan berbagai persiapan KSN Biologi, seperti Asrama Guru sebagai tempat Karantina Belajar, Tim Medis, Tim juru masak, Tim kebersihan dan laundry kebutuhan siswa, layanan internet dalam pembelajaran daring, jadwal akademis dan jadwal pertemuan dengan guru pembina serta jadwal rekreasi dan olahraga agar siswa betah, fokus dan semangat dalam pembelajarannya di kampus MAN Insan cendekia Kota Palu.(Hardi; Humas MAN IC Kota Palu).

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex