KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Muhammad Kasman Kontributor
7 Mei 2024 10:34:0 51

Tingkatkan Indeks Literasi Zakat dan Wakaf

Ket: Kakankemenag Kota Palu yang diwakili Kepala Seksi Bimas Islam, H. Burhan Munawir, Lc.,MA., saat memberikan sambutan dalam kegiatan Literasi Zakat Dan Wakaf, Senin (6/5/24)


 

Palu (Kemenag Sulteng) - Kantor Kementerian Agama Kota Palu melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menggelar kelas Literasi Zakat dan Wakaf, bertempat di Aula Kantor Kemenag Kota Palu, Senin (6/5/2024)

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan indeks literasi zakat dan wakaf serta mencapai peningkatan partisipasi masyarakat dalam berzakat dan berwakaf, peserta diharapkan mendapatkan informasi yang lebih luas mengenai perkembangan Zakat dan Wakaf.

Kakankemenag Kota Palu yang diwakili Kasi Bimas Islam, H, Burhan Munawir, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah telah melakukan berbagai strategi kebijakan dalam penanggulangan kemiskinan namun belum teratasi secara baik, dalam Islam kita memiliki potensi berupa zakat dan wakaf.

Kontribusi finansial yang signifikan dari zakat, infaq, sedekah dan wakaf ini  dapat mendukung program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang kurang mampu, sehingga tujuan dilaksanakan literasi zakat wakaf ini untuk mengoptimalkan capaian potensi zakat wakaf Kota Palu dan meningkatkan pemahaman peserta tentang pengelolaan zakat dan wakaf yang transparan, akuntabel dan profesional.

Lanjutnya, kegiatan literasi ini menjadi agenda penting dan strategis dalam pengumpulan dan pengelolaan zakat di Kota Palu sehingga kami menghadirkan narasumber yang mumpuni di bidangnya masing-masing. “Ini sebagai wujud kesungguhan Kemenag Kota Palu terkait Penguatan zakat dan wakaf” ujarnya.

Burhan Munawir, saat membuka kegiatan ini menyampaikan potensi zakat Kota Palu yang dapat dikumpulkan dari umat Islam sangatlah besar, maka dengan pengumpulan dan pengelolaan zakat yang baik akan membantu saudara kita dalam mengatasi masyarakat yang kurang mampu.

“Pengelolaan Zakat juga harus berorientasi pada upaya mengubah status mustahik menjadi muzakki karena ini merupakan barometer berhasilnya pengelolaan zakat,” ucapnya.

Burhan juga mengungkapkan bahwa selain permasalahan zakat, penting juga untuk menyelamatkan aset-aset wakaf yaitu legalisasi atau persertipikatan tanah wakaf serta dalam pengelolaannya sehingga para nazir harus mampu mengelola harta benda wakaf menjadi produktif.

“Melalui kegiatan ini, Saya berharap Pemateri dapat memberikan formula terbaik dalam pengelolaan zakat wakaf, bagaimana tahap-tahap aplikatif dalam mengelola zakat wakaf sehingga dapat memberikan manfaat bagi umat agar menjadi lebih mandiri dan sejahtera” tandas Burhan Munawir.

Peserta kegiatan kelas literasi zakat wakaf sebanyak 150 orang yang terdiri dari Perwakilan KUA Kecamatan se-Kota Palu, BKM se Kota Palu, Penyuluh Agama Islam, Perwakilan dari Amil Unit Pengumpul Zakat (UPZ), dan perwakilan Imam Masjid. (kasman)

 

 

Tags terkait: Bimas Islam
Editor: -
Fotografer: Muhammad Kasman
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex