- Kontributor
25 Februari 2021 0:0:0 301

Kakan Kemenag Poso Buka Sosialisasi Ujian Sekolah PAI

Ket: Kakan Kemenag Poso, H. Makmur Muh. Arief saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Ujian Sekolah PAI di Aula Kemenag Poso, Kamis (25/2/2021)


Poso (Kemenag Sulteng) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso melalui Seksi Pendidikan Islam (Pendis) melaksanakan Sosialisasi Ujian Sekolah Pendidikan Agama Islam (PAI) bertempat di Aula Kankemenag Poso, Kamis (25/02/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Poso, Makmur Muh. Arief, dihadiri Kasi PAI Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah, Muh. Nasir, Kasi Pendis Kemenag Poso, Azhar, dan Pengawas PAI Kemenag Poso. Adapun peserta dalam kegiatan ini terdiri dari Guru PAI yang berasal dari SD, SMP, SMA, dan SMK se-Kabupaten Poso.

Pemateri pada kegiatan tersebut adalah Kasi PAI Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah, Muh. Nasir, Kabid Dikdas Dinas P dan K Poso, Fuad Amsar, dan Cabdis Dikmen wilayah III, Nur Hadi.

Dalam sambutannya, Makmur menyampaikan, sehubungan dengan edaran Mendikbud Nomor 1 tahun 2021 tentang peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID–19) tanggal 1 Februari 2021, maka pelaksanaan Ujian Sekolah Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti berpedoman kepada Keputusan Dirjen Pendis Nomor 631 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Ujian Sekolah Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Pada SD, SMP, SMA Dan SMK Tahun Ajaran 2020/2021.

"Juknis ini mempertimbangkan situasi dan kondisi pandemi saat ini yang dalam pembuatan soal-soalnya tidak terlalu berat, tapi berfokus pada bagaimana siswa dapat memahami dan bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari."

Oleh karena itu, dengan adanya Juknis Ujian Sekolah Mata Pelajaran PAI ini di harapkan agar dapat di pedomani oleh seluruh Guru PAI terutama dalam menyusun dan mengembangkan soal, sehingga pelaksanaan Ujian Sekolah Mata Pelajaran PAI dapat berjalan dengan baik, aman, terukur dan berkualitas, ujarnya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, lanjut Makmur adalah sebagai penguatan konten moderasi beragama dan mendorong terlaksananya Ujian Sekolah yang mengedepankan integritas, solidaritas dan tenggang rasa serta penjaminan mutu untuk menguatkan kompetensi guru PAI di sekolah.

Walaupun di masa pandemi Covid 19 ini, banyak keterbatasan dalam proses belajar mengajar, Makmur menitipkan pesan kepada para Guru PAI agar tetap membimbing dan mentransfer ilmu dengan sepenuh hati bagi para siswa.

“ Konten dan materi itu penting, tetapi sosok guru yang menjadi contoh jauh lebih penting. Lebih dari itu nilai keikhlasan seorang guru adalah hal yang utama yang harus dimiliki oleh seorang gurudalam mentransfer ilmunya,” Pesannya.

Makmur juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para Guru dan Pengawas PAI yang hadir, serta kepada tim dari Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah yang telah menyempatkan diri datang ke Kabupaten Poso untuk mensosialisasikan Juknis Ujian Sekolah Mata Pelajaran PAI.

"Marilah kita terus menjaga kesehatan dan selalu mematuhi protocol kesehatan dengan menerapkan 5M, ( memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas). Dan marilah kita sama-sama melakukan vaksinasi demi menjaga kekebalan pada tubuh kita."

Semoga kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya dan senantiasa mendapat Ridha Allah SWT, tuturnya.

By. (Zhaq)

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex