KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
20 Juli 2023 0:0:0 325

Kloter Pertama Jemaah Haji Sulteng Tiba di Palu

Ket: Kedatangan kloter pertama jemaah haji Sulteng di Asrama Haji Transit Palu, Kamis (20/7/2023).


Palu (Kemenag Sulteng) – Kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Sulteng tahun 1444H/2023M tiba di Palu, Kamis (20/7/2023).

Kloter pertama yang terdiri dari jemaah haji Kloter BPN-9 asal Kabupaten Parigi Moutong ini, resmi diterima oleh Gubernur Sulteng yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sulteng, Fahrudin D. Yambas, didampingi Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulteng, Muchlis, mewakili Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulteng di Asrama Haji Transit Palu.

Sebelumnya, jemaah Kabupaten Banggai yang juga tergabung dalam kloter ini langsung melanjutkan penerbangannya ke daerah masing-masing usai dilakukan serah terima oleh PPIH di Bandara Mutiara SIS Al-Jufri Palu.

Dalam laporannya, Muchlis memaparkan kuota haji Sulteng tahun 1444H berjumlah 2.111 orang, terdiri dari kuota utama sebanyak 1.993 orang dan kuota tambahan 118 orang.

Kepala Bidang PHU Kemenag Sulteng/PPIH Sulteng, Muchlis.

“Kuota haji sudah termasuk 18 Petugas Haji Daerah (PHD). Sedangkan jumlah petugas kloter sebanyak 32 orang, terdiri dari 6 ketua kloter, 5 pembimbing ibadah dari unsur Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), dan 21 orang petugas kesehatan,” sebut Muchlis.

Jemaah haji Sulteng, jelas Muchlis, terbagi dalam 8 kloter, dimana 6 kloter sepenuhnya diisi oleh jemaah haji Sulteng dan 2 kloter lainnya tergabung dengan jemaah haji Kaltim dan Kaltara.

Terdapat 2.125 jemaah dan petugas yang masuk dalam manifes keberangkatan. Dari jumlah tersebut, 9 jemaah tidak diberangkatkan ke embarkasi karena alasan kesehatan, sedangkan 4 jemaah dipulangkan dari embarkasi karena sakit, sehingga total jemaah yang berangkat adalah 2.112 orang.

Muchlis menguraikan, berdasarkan data sistem informasi komputerisasi haji terpadu (SISKOHAT), tercatat 7 orang jemaah haji Sulteng wafat di tanah suci, yaitu Hj. Rosnawati Hairudin asal Kabupaten Buol, Hj. Adana Sahido Baku asal Kabupaten Banggai Kepulauan, Hj. Patriana Lahi Saddu asal Kota Palu, H. Abdul Kadir Morana asal Kabupaten Tolitoli, H. Muhammad Nur Malese asal Kota Palu, Hj. Cepang Lajuma Lamadde asal Kabupaten Sigi, dan Hj. Nai Kunrahu Masyora asal Kabupaten Parigi Moutong.

“Setelah menyelesaikan ibadah haji, total jemaah Sulteng yang kembali ke Tanah Air sebanyak 2.105 orang. Adapun jadwal pemulangan jemaah haji dari Balikpapan ke Palu mulai tanggal 20 sampai dengan 28 Juli 2023, dan tanggal 4 Agustus 2023 untuk jadwal kepulangan kloter tambahan BPN-20,” katanya.

Kepulangan jemaah haji Sulteng ke Palu akan terbagi dalam 2 penerbangan, sesuai dengan manifes dan jadwal yang telah ditetapkan.

PPIH Sulteng telah melakukan upaya maksimal guna memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada seluruh jemaah agar dapat melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya. Kami berharap seluruh jemaah yang telah diberangkatkan dapat kembali ke Tanah Air menjadi haji mabrur. Terima kasih banyak atas dedikasi bersama seluruh pihak atas terselenggaranya ibadah haji tahun ini,” tuturnya.

Turut hadir, Asisten I Pemerintah Kab. Parigi Moutong, Plh. Karo Kesra Pemprov Sulteng, Kepala Kantor Kemenag Kab. Parigi Moutong, dan unsur Forkopimda.

 

Tags terkait: -
Editor: Humas Monica
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex