- Kontributor
10 Maret 2022 0:0:0 235

Doa Bersama Itjen, Kakanwil Tegaskan peran ASN dalam Kerukunan

Ket:


PALU (Kemenag Sulteng) --- ASN Kemenag Sulteng diharapkan berperan dalam membangun kerukunan umat beragama, khususnya di Sulawesi Tengah. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha dalam sambutannya pada malam Doa Bersama secara virtual (10/3).

Menurutnya, ASN Kemenag dapat berperan menghadapi berbagai peristiwa atau masalah keagamaan yang muncul saat ini. “Sebagai aparatur harus mejadi solusi bagi dari permasalahan agama jangan justru menjadi bagian dari masalah,” ungkapnya.

“Jika terjadi suatu permasalahan, Kitalah ASN Kemenag yang tampil menyelesaikan masalah itu,” ujarnya.

Selain itu, Kakanwil juga mengingatkan kepada ASN Kemenag Sulteng, khususnya yang muslim agar mempersiapkan diri menghadapi Bulan Ramadan.

“Mari kita persiapkan diri, sucikan hati, kalau ada yang masih mengganjal di hati antar sesama, atau ada yang belum terselesaikan, sengketa, mari kita bersihkan , agar kita kembali kepada kesucian setelah melaksanakan ibadah Ramadan,” ungkapnya.

Selanjutnya arahan dari Inspektur Wilayah II KH Kusoy, mengapresiasi kehadiran ASN Kemenag Sulteng dalam kegiatan Doa bersama, menurutnya hal ini merupakan wujud program Kemenag pusat dan daerah selalu bersinergi. Selain itu Doa bersama sebagai momentum pertemuan dengan yang baik silaturahmi dengan jajaran Kanwil,

Kusoy juga mengatakan adanya Doa bersama sebagai senjatanya orang-orang beragama, tidak ada yang paling mustajab selain doa, berusaha, berikhtiar dan bertakwa, ungkapnya. 

Kepada para tokoh agama, Kusoy berharap agar tercipta harmonisasi yang baik antar agama. “Semoga Kita semua dalam keadaan baik, sehat, terus membangun kebajikan dengan mendorong terciptanya harmonisasi dan keseimbangan dalam kehidupan secara personal, keluarga, dan masyarakat, “ harapnya.

Menutup arahannya, Kusoy mengingatkan kepada seluruh ASN agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas serta tak lupa berdoa.

Doa bersama dengan tema “Melangitkan Doa untuk Kesehatan dan Keselamatan Bangsa dari Wabah Musibah” merupakan episode ke-35 yang dilaksanakan Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI rutin setiap malam Kamis.

Acara dipandu MC Ratna Muthmainnah Subkoordinator Umum dan Humas Kanwil Kemenag Sulteng. Pembacaan Doa disampaikan oleh masing-masing pemuka agama yakni; Pdt Daniel Rusli Wibowo, Fr. Benediktus Jeujanan, CMM (Biarawan dari Kongregasi CMM  Sulawesi Tengah), Penyuluh Agama Hindu I Wayan Sudiana, Rohaniwan Buddha Bhikku Chandakaro, dan Kabag TU Kanwil Kemenag Sulteng Ma’sum perwakilan muslim. Sebelum acara doa, dibacakan ceramah kebangsaan oleh Kepala Kemenag Kab buol Nurkhairi. 

Hadir dalam doa bersama ini, Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota se-Sulteng dan ASN Kemenag se-Sulteng. Peserta doa secara virtual meeting ini mencapai 314 orang hingga akhir acara. (Lilis)

 

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex