KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
5 November 2019 0:0:0 523

Tingkatkan Kualitas Pelayanan KUA, Kankemenag Palu gelar Bimtek Berbasis IT

Ket:


PALU (INMAS KEMENAG) --- Menyadari pentingnya keahlian dan keterampilan operator pada Kantor Urusan Agama (KUA) dalam melaksanakan tugas-tugasnya, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Palu melalui Bimas Islam menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Layanan KUA  Berbasis IT, Selasa (5/10/2019) di Aula Kankemenag.

Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan SDM bagi Aparatur Sipil Negara yang bekerja di KUA dengan tujuan agar pelayanan KUA kepada masyarakat semakin berkualitas.

Kegiatan tersebut menghadirkan 23 peserta, yang terdiri dari berbagai operator (SIMKAH, SIMAS dan SIWAK)  dari KUA se Kota Palu dan dibuka oleh Kakankemenag Palu, Drs. H. Ma’sum Rumi, M.M yang didampingi oleh Kasi Bimais, Dr. Abd. Mun’im Godal M.Hi.

Dalam sambutanya Kakankemenag mengatakan bahwa di era digital saat ini para ASN dituntut beradaptasi dengan system informasi dan teknologi.

“Jika dulu pada saat jam kerja KUA itu ramai dengan bunyi mesin ketik, di zaman sekarang sudah berbeda. Saat ini banyak sekali pekerjaan manual manusia yang digantikan oleh teknologi mesin. Artinya, suka tidak suka kita harus bertransformasi dan beradaptasi ke jaman digital termasuk untuk urusan pelayanan masyarakat yang saat ini banyak beralih ke layanan digital,” kata H. Ma’sum Rumi.

“Saya rasa pemerintah tak punya niat untuk menyusahkan para ASN dengan kebijakan yang dikeluarkan terkait dengan informasi dan teknologi seperti aplikasi pelayanan dan lain sebagainya. Hal ini justru memudahkan kita sebgai ASN untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam bekerja” ujar H. Ma’sum Rumi.

Menurut H. Ma’sum Rumi kegiatan tersebut sangat penting, tujuannya agar pelayanan di KUA menjadi lebih mudah dan berkualitas. Dirinya juga berharap agar bimtek tersebut dimanfatkan secara sungguh-sungguh dan ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di tempat tugas masing masing.
"Kalian yang sudah dapat ilmu ini harus juga membagikan ilmunya kepada teman yang lain, dan saya berharap kalian bekerja sesuai tupoksi yang telah diberikan ", tutup H. Ma’sum Rumi.
(fuad)

Tags terkait: -
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex