- Kontributor
30 September 2022 0:0:0 203

FKUB Morowali Laksanakan Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama

Ket: Foto Bersama Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama oleh FKUB Morowali, Kolono 29/9/2022


Morowali (Kemenag Sulteng) – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Morowali gelar Dialog dan Pembinaan Penguatan Moderasi Beragama di Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali, kegiatan dilaksanakan di Aula Gedung Serba Guna Desa Kolono, Kamis (29/9/22).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali, Asat Latopada. Dalam sambutannya memaparkan penguatan moderasi beragama ada 4 indikator, yang harus dikuatkan yang pertama Komitmen Kebangsaan; kedua Toleransi; ketiga Anti Kekerasan dan keempat penerimaan terhadap tradisi lokal.

Sementara itu, Ketua FKUB Kabupaten Morowali, Abdul Manan, menyampaikan Kegiatan Dialog dan Pembinaan Penguatan Moderasi Beragama FKUB Morowali menyajikan lima jenis materi yaitu Arah Kebijakan dan Strategi Penguatan Moderasi Beragama oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali, H. Asat Latopada S.Ag; Mengelola Konflik Membangun Damai Kepala Badan Kesbangpol, oleh Drs. Bambang S. Soerojo, M.Si; Pemetaan Intoleransi untuk mencegah radikalisme dan ekstrinisme oleh Kodim 1311 Morowali, Kapt. La Tara; Strategi Pencegahan Radikalisme – Terorisme POLRES Morowali, oleh IPDA Abdul Hamid, SH.,; Pengarusutan Moderasi Beragama oleh Ketua FKUB Morowali, Drs. Abdul Manan.

Selanjutnya Manan menambahkan moderasi beragama merupakan cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengedepankan esensi ajaran agama masing-masing yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan bernegara.

Harapan pemberian pemahaman terkait moderasi beragama ini kepada Para Pegawai Baik ASN maupun Non ASN dan para tokoh-tokoh Agama adalah supaya cara beragama dapat diimplementasikan dengan cara mengambil jalan tengah  atau moderat, tidak mudah mengotak-ngotak kelompok, terlebih tidak mudah melecehkan agama lain, pungkas Manan.

Kegiatan ini, dihadiri oleh Kaban Kesbangpol Morowali, Ketua MUI Morowali, Perwakilan Kodim 1311 Morowali, Perwakilan Polres Morowali, Camat Bungku Timur, Kepala Desa Kolono, Pimpinan Bank BSI KCP Morowali serta tamu undangan lainnya.

By. Humas Morowali

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex