- Kontributor
30 September 2022 0:0:0 241

Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu Ungkapkan Pentingnya Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW

Ket: Kakankemenag Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu, M.Ag. didampingi presenter Maria Imaculata dalam acara Dialog Religi Pagi di LPP-RRI Palu


Palu (Kemenag Sulteng) – Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Palu Kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Palu, menyelenggarakan dialog religi pagi berjaringan Korwil Nusantara IV, yang disiarkan oleh RRI Makassar, RRI Kendari, RRI Toli-Toli, SP Bone, SP Mamuju, SP Ampana dan SP Bau-Bau, bertempat di LPP-RRI Palu, Jumat (30/9/2022).

Menghadirkan Narasumber, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, dengan tema “Pentingnya Meneladani Akhlak Nabi Muhammad saw.” Dalam ceramahnya mengungkapkan bahwa bulan Rabiul Awal merupakan bulan Baginda Rasulullah Muhammad saw dilahirkan ke bumi untuk menyempurnakan akhlak manusia dengan risalah Islamiyah.

Menurutnya, Rasulullah Muhammad saw hadir dengan membawa risalah Islam, sehingga sampai pada hari ini telah menjadi agama yang dianut oleh umat manusia, salah satu modal utamanya yang beliau lakukan adalah keteladanan dan akhlak yang agung.

Selain itu, dengan keagungan akhlak dan keteladanan Nabi Muhammad saw menyebabkan dakwah Islam diterima oleh umat manusia. Oleh sebab itu Allah SWT menegaskan di dalam Alquran yang memberikan pengakuan akan keagungan akhlak Baginda Rasulullah saw. Firman Allah Sesungguhnya engkau Muhammad memang hambaku yang memiliki akhlak yang agung dan mulia.

Kata Kakankemenag, bahwa diutusnya Nabi Muhammad saw ke dunia ini, salah satu misinya untuk menyempurnakan akhlak manusia. Dirinya juga menyebut dengan mengutip ayat Alquran “Maka berkat rahmat Allah engkau Muhammad berlaku lemah lembut terhadap mereka, sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu.

“Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampun untuk mereka dan bermusyawaralah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sungguh Allah mencintai orang yang bertawakkal” tutur Nasruddin.

Lanjut, Ia jelaskan bahwa dengan sikap Baginda Rasulullah yang lemah lembut, bukan hanya kepada para sahabatnya, tetapi juga kepada musuh-musuhnya, dan inilah salah satu sifat akhlak rasul yang disebutkan oleh Allah dalam Alquran sehingga umat Islam dapat menjadikan sosok figur yang harus di teladani yaitu Rasulullah Muhammad saw yang memiliki akhlak mulia dan agung.

“Ia menambahkan, bahwa Muhammad saw merupakan manusia agung, karena beliau merupakan nabi dan rasul yang telah diberi wahyu, sebagai pembawa risalah sekaligus penebar rahmat bagi seluruh alam. Pengagungan dan penghormatan kepadanya, sejatinya merupakan perwujudan kecintaan kepada Allah, karena Nabi Muhmmad saw adalah kekasih-Nya” tambah Nasruddin.

Diakhir dialognya, Kakankemenag berharap agar kaum muslimin mengikuti sekaligus meneladani Nabi Muhammad saw dalam seluruh aspek kehidupannya, baik dari aspek ibadahnya maupun dengan kemuliaan akhlaknya.

“Mari kita amalkan sifat keteladanan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari di antaranya sifat jujur, Siddiq, Sederhana, Amanah, Tablig, Fathanah, dan menghormati orang tua untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dunia akhirat,” pungkasnya.

Penulis Kasman

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex