KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
13 April 2021 0:0:0 188

Kanwil Kemenag Sulteng Lakukan Rukyatul Hilal dan Ikuti Penetapan Awal Ramadan dari Pemerintah

Ket: Suasana saat pelaksanaan Rukyatul Hilal dihadiri oleh Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais) Kanwil Kemenag Sulteng, H. Muhammad Ramli  bertempat di Desa Marana Kab. Donggala


Palu (Kemenag Sulteng)  - Posisi Hilal tidak terlihat akibat cuaca mendung di desa Marana Kab. Donggala pada pelaksanaan Rukyatul Hilal oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Bidang Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais)  bertempat di Desa Marana Kab. Donggala yang dimulai pukul 17.00, Senin, 12/4/2021.

Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Bina Syariah Kanwil Kemenag Sulteng, Taufik Abd. Aziz  mengatakan bahwa posisi hilal saat perhitungan hisab 3 derajat namun saat di rukyat posisi hilal tidak terlihat karena terhalang oleh awan mendung di desa Marana.

Taufik menjelaskan Rukyatul Hilal dilaksanakan untuk menentukan pelaksanaan ibadah puasa 1 Ramadan 1442 H, yang akan di laporkan kepada Kementerian Agama pusat selanjutnya di jadikan acuan untuk melaksanakan sidang isbat penetapan 1 Ramadhan 1442 H.

Pemerintah telah  menetapkan awal Ramadan 1442 H jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam telekonferensi pers usai Sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H, di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jln. MH Thamrin, Jakarta, Senin, 12/4/2021.

Rukyatul Hilal ini dihadiri oleh Pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Agama Donggala, Kabag Kesra Kab.  Donggala, MUI provinsi, BMKG Palu, Lajnah Falakiyah Dolo dan Kemenag Kab. Donggala.

Tags terkait: -
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex