KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
8 Desember 2022 0:0:0 20

Kepala KUA Haerullah Dalam Dialog Religi Interaktif, Ungkapkan Ciri Generasi Berkualitas

Ket: Kepala KUA Palu Barat, Dr. H. Haerullah Muh. Arief, M.H.I. saat menjadi narasumber dalam acara dialog religi interaktif di LPP RRI Palu


Palu (Kemenag Sulteng) – Konsep Islam merupakan agama yang bukan hanya mengatur kehidupan ritual ibadah, melainkan seluruh aspek kehidupan umat manusia di dunia. Kesempurnaan Islam terbukti mampu mengubah generasi yang tadinya ummi dan jahiliyah menjadi sebuah generasi berkualitas dan berkemajuan. Bahkan mampu membangun sebuah peradaban manusia yang menyinari hampir seluruh bangsa di dunia.

Hal ini diungkapkan Kepala KUA Palu Barat, Dr. H. Haerullah Muh. Arief, M.H.I dalam acara dialog religi interaktif, Kerjasama Kantor Kemenag Kota Palu dengan LPP RRI Palu, dengan presenter Wa Ode Rina Mustika, bertempat di Kantor LPP RRI Palu, Selasa (6/12/2022).

Merurutnya, generasi berkualitas yakni generasi yang berkepribadian Islam yaitu generasi yang memiliki keimanan kuat terhadap Islam (Aqidah Islamiyah), dan bertekad menjadikan aqidah Islam tersebut sebagai standar satu-satunya dalam pola berpikir dan pola bersikap.

Dijelaskannya, bahwa pola pikir Islami akan terbentuk bila pemahaman terhadap suatu fakta senantiasa dikaitkan dengan pemikiran dan pandangan Islam. Begitu pula dengan pola sikap Islami, akan terbentuk bila motivasi dalam generasi didasarkan pada keimanannya kepada Islam.

Selain itu, generasi yang berjiwa pemimpin, Islam datang dengan membawa seperangkat aturan yang sempurna yang terselesaikannya seluruh promblematika kehidupan manusia sampai akhir zaman. ”Pemikiran-pemikiran yang bersifat mendasar dan menyeluruh menjadikan Islam bersifat universal,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa kemampuan mengarungi hidup berdasarkan aqidah Islam, juga termasuk ciri generasi berkualitas. Lanjut Ia katakan, aqidah Islam menjawab semua pertanyaan mendasar dalam kehidupan manusia, yaitu dari mana asalnya manusia. Islam telah mengajarkan tuntunan yang sempurna, yang mampu menyelesaikan seluruh problematika hidup manusia di dunia ini.

“Sementara itu, kata Haerullah, seseorang yang memahami Islam secara jernih dan mendalam maka akan menemukan jawaban, bahwa hanya dengan aqidah Islam semua persoalan baik persoalan pribadi, keluarga maupun masyarakat dan dunia seluruhnya akan dapat diselesaikan dengan baik,” tandasnya. (kasman)

Penulis Kasman

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex