KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
8 April 2021 0:0:0 388

Bupati Buol Beri Penguatan Pada Penyuluh Agama Islam Non PNS

Ket:


Buol (Kemenag Sulteng) - Kabupaten Buol terus menggalakkan kampanye moderasi beragama, pencegahan dini radikalisme, dan tindakan terorisme serta merawat dan menjaga kerukunan.

Bupati Buol Amirudin Rauf memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam yang telah menggalakkan kampanye moderasi beragama, disampaikannya dalam materi penguatanya kepada para penyuluh Agama Islam Non PNS.

“Upaya Kementerian Agama Buol dalam melibatkan Penyuluh Agama Islam se kabupaten Buol sebagai garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran paham terorisme di masyarakat.”

Olehnya, penyuluh agama yang tersebar di 11 kecamatan, 114 desa dan empat kelurahan yang ada di wilayah Buol melakukan penguatan penyebaran pesan-pesan keagamaan dengan mengunakan pendekatan persuasif dan inklusif, juga melakukan upaya peningkatan pemahaman keagamaan penyuluh agama melalui pengarusutamaan moderasi beragama yang dilaksanakan saat ini, jelasnya.

Dalam materi penguatan, bahwa pemikiran moderasi beragama dapat membangkitkan naluri beragama dengan baik dan benar. Selain itu, pemahaman keagamaan yang moderat juga tercermin dalam sikap menghargai kemajemukan, membangun perdamaian, menghargai harkat martabat manusia, serta memajukan kehidupan umat beragama. ia menceritakan pengalamanya ketika melawat kenegara negara yang mayoritas penduduknya non muslim, mereka sangat menghargai perbedaan dan menghormati hak hak kehidupan orang beragama, ujar Bupati Buol. (7/4).

Pembinaan Penyuluh Agama Islam Non PNS dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Buol bertemakan Pengarusutamaan Moderasi Beragama dan wawasan kebangsaan bagi penyuluh agama islam Non PNS. Kegiatan di hadiri oleh Bupati Buol, Kakan Kemenag diwakili Kasubbag TU, Kapolres Buol, dan Kepala Kejaksaan Negeri Buol sekaligus narasumber dalam kegiatan.

Sementara itu Kasi Bimais Kemenag Buol Abdul Yasin dalam laporannya menyampaikan pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan penyuluh terutama dalam pengetahuan moderasi beragama, membekali para penyuluh dalam memberikan pencerahan bagi umat beragama di tempat tugasnya masing masing.

Kegiatan yang berlangsung sehari itu, dihadiri sebanyak 30 peserta dari 11 Kecamatan 114 Desa dan empat Kelurahan di wilayah Buol, yang dilaksanakan di aula Kantor Bupati Buol.

By. (Moh. Iqbal Lahama)

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex