- Kontributor
23 Mei 2023 0:0:0 145

H. Ulyas Taha Menjadi Narasumber Bimbingan Manasik Haji Kab. Donggala

Ket: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, H. Ulyas Taha menjadi Narasumber pada bimbingan manasik haji Kemenag Donggala


Donggala (Kemenag Sulteng) - Kakanwil Kementerian Agama  Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Ulyas Taha, M.Pd menjadi Narasumber  Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kab. Donggala 1444 H/2023 M yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten Donggala, DR. Rustam Efendi, S.Pd, SH, M.Ap, dengan  jumlah Calon Jemaah Haji Donggala sebanyak 199 orang, di aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) senin ( 22/5-2023)

.Kakanwil mengungkapkan  bahwa bimbingan manasik calon jemaah haji  merupakan  salah satu bentuk  pembinaan dari pemerintah  dalam  bentuk penyuluhan  dan bimbingan  sebagaimana dalam  PMA No 13 tahun 2021  tentang penyelenggaraan  Ibadah Haji  Reguler  Bab  IV Pembinaan  jemaah haji.

Lanjut Kakanwil, mengatakan  bahwa  kegiatan ini akan dilaksanakan juga saat  calon  jemaah  haji  masuk  asrama haji  pada saat akan  berangkat  haji. Selain itu kegiatan ini juga  mengedukasi  calon jamaah haji  terkait tata cara pelaksanaan  Ibadah haji, terangnya.

Kemudian  juga menjadi media  silaturahim  bagi seluruh calon jamaah haji, dengan demikian  para calon jemaah haji  telah mengapresiasi  kegiatan ini dan merasa senang  karena kembali  menerima materi  manasik haji dan berharap  agar pelaksanaan  Ibadah  haji tahun depan  dapat terlaksana dengan lebih  baik lagi, ungkap Ulyas Taha

Dalam Arahannya Sekda Kab. Donggala, Rustam Efendi mengatakan bahwa untuk menunaikan Ibadah Haji  adalah panggilan Allah Swt, maka yang harus kita  luruskan adalah niat  melaksanakan ibadah haji  untuk menghilangkan hal-hal yang bisa mengganggu dalam melakukan  Ibadah haji di tanah suci, hal ini sangat penting agar tujuan  Ibadah haji yang kita laksanakan tidak meleset  kepada  hal yang lain, tandasnya.

Rustam Efendi menyampaikan dalam melaksanakan Ibadah Haji  harus Ikhlas ini sangat penting  bagi  para calon jemaah  haji  mempersiapkan diri dengan membekali ilmu  manasik haji,  juga menjadi motivasi  kepada seluruh calon  jemaah haji  agar kembali bersemangat  berangkat  naik haji, kemudian  sabar  karena dalam  menunaikan Ibadah  haji  tentu banyak  kendala atau rintangan yang akan dihadapi   semua itu  harus dihadapi  dengan  hati yang  sabar  dan  berserahdiri kepada Allah swt,  ujarnya

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Donggala, H. Rusdin, S.Ag, MM, mengungkapkan  bahwa semua materi yang  telah diterima dari Narasumber  calon jemaah  haji harus melaksanakan  sesuai kemampuan  mereka demi kesehatan dan kelamatan selama menjalankan Ibadah haji di tanah suci Makka, dan saya  selaku Kepala Kantor  Kemenag Donggala mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kakanwil dan Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala untuk memberikan materi  manasik haji tingkat Kabupaten  Donggala, ujarnya.

Kegiatan ini, turut hadir  Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Sarina Unok, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Syafrudin, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H.Haerolah Muh. Arief dan KBHI Arafah Donggala,  H. Bazit Tessarenda, Lc.

Editor: Zidiarman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex