- Kontributor
31 Mei 2022 0:0:0 449

147 Calon Peserta Didik Baru Dinyatakan Lolos Seleksi di MTsN 1 Kota Palu Tahun Pelajaran 2022/2023

Ket: Foto saat Pelaksanaan Ujian BTQ dan Akademik (14/03/2022)


Palu (MTsN 1 Kota Palu), Menjelang Tahun ajaran baru 2022/2023, MTs Negeri 1 Kota Palu melakukan Penerimaan dan proses seleksi PPDB yang di laksanakan dengan beberapa tahap. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTsN 1 Kota Palu di buka dengan dua Jalur yaitu Jalur Khusus/Prestasi dan Jalur Umum. Jalur Khusus/Prestasi di buka sejak tanggal 14 s/d 31 Maret 2022, untuk jalur umum di buka mulai tanggal 5 s/d 21 Mei 2022.

Panitia PPDB ibu Hikmah di temui menjelaskan bahwa Seluruh pendaftar calon siswa baru di MTsN 1 Kota Palu berjumlah 443 pendaftar, dan telah mengikuti tahap demi tahap seleksi yang di tetapkan oleh panitia pelaksana, mulai dari seleksi berkas, Ujian baca tulis al-Qur’an, dan ujian Akademik. Hingga yang lulus telah di tetapkan pada tanggal 28 Mei 2022 hanya berjumlah 147 siswa, sesuai dengan hasil ujian seleksi Akademik dan Non Akademik.” Jelasnya.

Kepala MTs Negeri 1 Kota Palu Hj. Rusdiana menyampaikan Penerimaan peserta didik baru di MTs. Negeri 1 Kota Palu tahun pelajaran 2022/2023 diharapkan dapat menyeleksi peserta didik yang berpotensi. Hal ini dilihat dari beberapa indikator yaitu potensi dasar peserta didik, kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan analisis, kemampuan menyerap informasi, kemampuan adaptasi, daya juang dan kepribadian yang baik. Untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh calon peserta didik baru, maka diadakan beberapa tes. Adapun tes yang dilakukan dimulai dari seleksi berkas, tes pengetahuan umum dan baca tulis Al Quran. Seleksi penerimaan peserta didik baru MTs. Negeri 1 Kota Palu ini dilakukan untuk menemukan calon peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan yang berkualitas. Baik di bidang akademik, kepribadian, keimanan, maupun ketakwaan.” Ungkapnya.

Dia menambahkan penerimaan peserta didik baru ini merupakan proses tahunan untuk menjaring siswa-siswi dari SD/MI yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya. Dalam setiap tahun penerimaan siswa baru di MTsN 1 Kota Palu di lakukan dengan seleksi yang begitu ketat, mengigat karena jumlah ruangan kelas yang terbatas, tahun ini kami hanya bisa menerima 5 kelas dengan rata-rata perkelas berjumlah 30 siswa, maka tahun ini yang lulus seleksi Berkas, BTQ dan Akademik hanya berjumlah 147 siswa dari seluruh pendaftar 443 orang baik itu jalur Khusus/Prestasi dan jalur Umum” Tegasnya.

Program unggulan yang di tawarkan oleh MTs Negeri 1 Kota Palu yaitu Program Tahfidz Al-qur’an yang sudah berjalan selama 3 Tahun mulai dari tahun 2019 sampai sekarang, dan telah di laksanakan prosesi Wisuda Tahfidz Al-qur’an sebagai bukti bahwa program Tahfidz di MTsN 1 Kota Palu berjalan dengan baik.

*Supardi*

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex