KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
18 Juli 2021 0:0:0 332

MATSAMA di MTsN 1 MORUT Berlangsung Selama Dua Hari Secara Daring.

Ket:


 

(MTsN 1 Morowali),- MATSAMA merupakan sebuah program pengenalan siswa baru dengan lingkungan Madrasah yang baru, baik Pengenalan sarana dan prasarana, kurikulum sekolah ataupun pengenalan Pendidik dan Tenaga Pendidik, begitupula memberikan pemahaman tentang aturan-aturan di lingkungan Madrasah.

Ketua Panitia Faizal Dg Siame menjelaskan bahwa Pelaksanaan MATSAMA MTsN 1 Morowali Utara Pada Tahun Pelajaran 2021/2022 kali ini, Madrasah melaksanakan Kegiatan dengan cara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu dengan sistem Daring menggunakan media internet yaitu menggunakan Google Form, Applikasi Video Conference dan Social Media, Sesuai hasil rapat dengan Kepala Madrasah beserta dewan guru, mengingat Surat edaran Pemerintah setempat mengenai pencegahan penyebaran Virus Covid-19 tentang Pembatasan kerumunan di tempat Umum, Pelaksanaan Pengenalan lingkungan Madrasah yang dilaksakan selama dua hari dari tanggal 16- 17 Juni 2021.

Kepala Madrasah Warham dalam sambutannya mengimbau kepada siswa-siswi baru untuk terus belajar dan giat belajar, meskipun dalam kondisi terbatas seperti sekarang, beliau menyampaikan meskipun dengan Keterbatasan tatap muka langsung disebabkan karena pandemic belum berakhir, tidak membatasi semangat anak-anakku dalam menuntut ilmu,Sebelum membuka secara resmi MATSAMA, Bapak kepala madrasah yang baru-baru ini telah menyelesaikan Program Magister Pendidikan  (S2) di Universitas Muhammadiyah Palu, mengutip sebuah hadits dari Nabi Muhammad SAW sebagai Motivasi bagi para peserta MATSAMA yaitu:

 

Barang siapa menginginkan kebahagian dunia maka hendaklah berilmu, dan barang siapa yang ingin kebahagian akhirat maka hendaklah berilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah berilmu pengetahuan.

 

Materi pertama dari Wakamad Bidang Akademik Bapak Fajrin, dengan Materi Pengenalan Ke-Madrasahan yang meliputi pengenalan kurikulum Madrasah,pengenalan tenaga Pendidik dan kependidikan. Materi kedua dibawakan oleh Wakamad SARPRAS Drs.Darwis, menjelaskan semua sarana dan prasana di lingkungan Madrasah.

Pada Hari kedua Materi pertama dibawakan oleh Wakamad Kesiswaan Luluk Ratnawati,SS menjelakan tentang Tata tertib, Nilai, Norma dan Kegiatan Keorganisasian Siswa di Madrasah. Beliau menjelaskan aturan-aturan yang berlaku dilingkungan Madrasah, dan tentunya dalam sebuah lembaga harus ada aturan yang mengikat demi tercapainya VISI dan MISI Madrasah. Materi kedua dibawakan Oleh Asnidar,S.Pd dengan judul materi “Karakter Moderasi beragama dan Kebangsaan.

Asnidar yang juga mengampu mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran  menjelaskan tentang pentingnya kesadaran Bernegara dan beragama, dilihat dari sisi  Agama,  agama  Islam mengajarkan  tentang Anti  Diskriminasi.  Islam tidak  mengenal perbedaan, semua manusia di hadapan ALLAH mempunyai kedudukan yang sama, yang membedakan adalah kualitas Ketaqwaannya.   Dilihat dari sisi kebangsaan, Negara Indonesia adalah Negara yang terdiri dari Keberagaman. Keberagaman terbingkai dalam Dasar Negara kita yaitu PANCASILA. Negara Indonesia yang penuh dengan Keberagaman juga diperkuat dengan Semboyan BHINNEKA TUNGGAL IKA, yang mempunyai makna Berbeda-beda tetapi tetap satu.

Kegiatan Ini ditutup dengan doa secara Virtual Oleh Ketua panitia Faizal Daeng Siame yang juga sebagai Tokoh Agama kabupaten Morowali Utara.

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex