KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
23 Juni 2022 0:0:0 133

Kankemenag Tojo Una Una Hadiri Penandatanganan Berita Acara Pemutakhiran Data indeks Desa

Ket:


Ampana (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tojo Una Una yang diwakili Kasi Bimas Islam H Arzaq Saini menghadiri Penandatangan Berita Acara Pemutakhiran Data Desa (IDM) Kabupeten Tojo Una Una di Aula Kantor Bupati Tojo Una Una, Kamis 23/06/2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Tojo Una Una yang dihadiri oleh Wakil Bupati Tojo Una-Una Ilham Lawidu, Wakapolres Tojo Una Una, Ketua DPRD Yang diwakili oleh Jafar M. Amin, Komdan distrik militer, Asisten II dan Dinas Terkait.

Dalam arahannya Wakil Bupati Tojo Una Una menyampaikan bahwa data IDM merupakan salah satu dasar bagi Kementerian Keuangan untuk menetapkan pengalokasian dana desa. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.07/2021 tentang pengeloaan dana desa, alokasi Afirmasi untuk desa tertinggal dan desa sangat tertinggal dengan jumlah penduduk miskin (JPM) tertinggi sebesar 1%, dan alokasi kinerja untuk desa berkembang, maju dan mandiri serta indikator lainnya sebesar 4% dari total dana desa.

Dalam rangka pelaksanaan peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 02 Tahun 2016 tentang indeks Desa membangun (IDM) dan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 02 Tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa yang salah satunya mengatur tentang pendataan desa, maka diperlukan pemutakhiran data IDM tahun 2022.

Data IDM  juga digunakan sebagai acuan perencanaan pembangunan desa dan pedesaan bagi Kementerian/Lembaga, pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Desa, dan pemangku kepentingan lainnya.

Tags terkait: -
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex