KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
7 Maret 2023 0:0:0 122

Siswa MAN 2 Kota Palu Ikuti Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama dan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Ket: Kegiatan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama dan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba oleh FKUB dan BNN Provinsi sulawesi Tengah


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu mengikuti kegiatan sosialisasi tentang peningkatan pemahaman moderasi beragama  dan bahaya penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar yang diselenggarakan oleh oleh Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Tengah di aula KH. Cholil Bisri MAN 2 Kota Palu pada Senin,06/02.

Sebagai program prioritas Kementerian Agama RI, moderasi beragama menjadi salah satu agenda penting yang terus menerus digaungkan di berbagai lapisan masyarakat oleh Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah termasuk di kalangan pelajar. Penguatan pemahaman mengenai moderasi beragama diharapkan akan menjadi modal dasar untuk membentuk pelajar yang rahmatan lil alaamin. Selaras dengan hal tersebut, penguatan pelajar sebagai generasi bangsa dan calon pemimpin masa depan menjadi sebuah urgensi saat angka penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar semakin memprihatinkan.

FKUB dan BNN Provinsi Sulawesi Tengah kemudian bersinergi dalam menyikapi hal ini. Tim kolaborasi antara FKUB dan BNN Provinsi Sulawesi Tengah menghadirkan Zainal Abidin sebagai ketua dan beranggotakan Rusli Tahunas, Pdt. Herson Jangkuton, Wijaya Chandra, Sagir M. Amin dan Pdt. Yenny Sangkalia serta Machsur Tunggal sebagai anggota penyuluh dari BNN.

Ketua tim sosialisasi, Zainal Abidin menyatakan bahwa kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya untuk menyelamatkan generasi bangsa sebagai pilar utama, future leader bagi bangsa Indonesia di masa depan. Sasaran kegiatan sosialisasi adalah para pelajar di sekolah menengah umum, SMA dan SMK serta madrasah (MA) di wilayah Kota Palu, Kab. Sigi, Kab. Donggala dan Parigi Moutong.

Materi moderasi beragama disampaikan oleh Pdt. Yenny Sangkalia dengan judul Moderasi Beragama dengan Semangat Toleransi dalam Pandangan Kristen Protestan. Agama kerap menjadi potensi sasaran bagi tumbuhnya radikalisme di Indonesia,  olehnya, kemajemukan dalam agama hendaknya menjadi tantangan menuju pendewasaan dengan memahami bagaimana cara untuk menanganinya. Perbedaan hendaknya dapat ditangani secara arif melalui perspektif global serta perubahan paradigma ekstrem para penganut agama.

“Moderasi beragama merupakan suatu usaha kreatif untuk mengembangkan sikap keberagaman ditengah pelbagai desakan ketegangan dan klaim-klaim kebenaran  yang secara radikal menolak yang lain. Untuk menghadapi radikalisme agama yg mengancam kehidupan beragama yanhg akan berimbas pada kehidupan persatuan berbangsa dan bernegara, maka moderasi beragama adalah merupakan jalan terbaik,” jelas Yenny. Penjelasan tentang materi moderasi beragama ini juga mendapat penguatan dari anggota tim sosialisasi yang berasal dari Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah.  

Anggota Tim Penyuluh BNN, Machsur Tunggal, hadir sebagai pemateri dan pemberi motivasi dalam pencegahan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di kalangan remaja. Machsur juga menjelaskan teori ketahanan remaja yang meliputi self regulation, assertiveness dan reaching out agar siswa lebih berani dengan tegas menolak ajakan/tawaran menggunakan narkoba

Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi secara terpisah menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut akan membawa manfaat serta penguatan yang sangat besar bagi siswa dalam berperikehidupan saat ini. Dirinya berharap melalui kegiatan ini siswa MAN 2 Kota Palu kelak akan mampu menumbuhkan sikap positif dalam merespon masalah di lingkungannya, sanggup merealisasikan kedamaian dan keselamatan baik bagi diri sendiri dan kemaslahatan bagi seluruh umat.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung kurang lebih sekitar 2 jam tersebut diikuti secara seksama oleh sekitar 200 siswa dengan pendampingan beberapa orang guru.

Tags terkait: -
Editor: Zidiarman
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex