- Kontributor
22 Juli 2022 0:0:0 89

Mengenali Potensi Diri Siswa Melalui Matsama

Ket:


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 (MTsN) Banggai Laut telah melaksanakan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Kegiatan ini sebelumnya telah dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banggai Laut H. Moh. Taslim pada hari selasa 19/07/2022 bertempat di aula MTsN 2 Banggai Laut.

MATSAMA merupakan salah satu kegiatan program madrasah yang dilaksanakan setiap tahun bagi peserta didik baru. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan keadaan lingkungan madrasah, kegiatan belajar mengajar serta tata tertib yang ditetapkan oleh madrasah.

Hari pertama MATSAMA, seluruh calon siswa dan siswi difokuskan untuk saling mengenal sesama calon peserta didik baru dan mengenal para pengurus OSIS, agar nantinya mereka dapat bersosialisasi dan mulai aktif sehingga dapat mengikuti pembekalan materi MATSAMA dengan baik.

Pada kegiatan Matsama kali ini materi dibagi menjadi 8 materi yaitu, materi Pengenalan Lingkungan, materi Dinamika Kelompok, Tata Tertib Madrasah, Kurikulum MTsN 2 Balut, Problem Solving, Peraturan Baris Berbaris, Cara Belajar Efektif, dan Wawasan Wiyata Mandala.

 

Kegiatan matsama selama tiga hari berjalan dengan baik dan rangkaian acara ini selesai pada hari kamis 21/07/2022. Kepala Madrasah Anwar Yabiy menyampaikan "ketika kita melihat gunung itu tinggi  karena kita belum mendakinya, namun ketika kita sampai pada puncak gunung tersebut maka kita akan merasa gunung itu rendah karena berada di bawah pijakan kaki kita."

"Dan jangan pernah kalian merasa terbebani dengan setiap tanggung jawab atau tugas-tugas yang diberikan oleh bapak dan ibu guru, jika kalian merasa terbebani maka kesalahan akan berada didepan anda, laksanakan segala tanggung jawab, tugas kalian dengan baik serta ikhlas dan utamakanlah adab dalam hidup sehari-hari dan tanamkan pada diri kalian budaya tiga S (senyum, salam dan sapa). Selamat belajar, semoga sukses dan menjadi anak sholeh/sholehah" Aamiin Ya Rabbal 'Aalamiin.

By. (usman)

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex