KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
9 Desember 2022 0:0:0 185

Kakankemenag Kab. Banggai menghadiri upacara Ngaben

Ket:


 

Luwuk (Kemenag Sulteng), Kepala Kantor Kemenag Kab. Banggai Drs. H. Ma’sum, MM bersama Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka menghadiri resepsi Upacara Ngaben dan Memukur Masal Adat Dharma Sabha di Desa Mantawa, Kecamatan Toili Barat. Jumat, 09/12/2022.

Ma'sum mengungkapkan, sesungguhnya acara Ngaben dapat dilaksanakan jika ada 3 hutang yang harus dibayar, yaitu hutang kepada Tuhan, hutang kepada leluhur dan hutang kepada orang-orang suci.

Upacara seperti ini menjadi wadah pertemuan dan saling mengingatkan bahwa Indonesia adalah bangsa besar yang mengikat beberapa agama serta banyaknya kebudayaan. Membawa setiap warga negara harus saling memahami dan menjaga kerukunan beragama.

Di hadapan pemerintah kecamatan Toili dan Toili Barat, Unsur Forkompimcam, serta para Kepala Desa se Toili Barat. Ma’sum menjelaskan betapa pentingnya memahami Moderasi beragama sebagai jalan tengah dalam berpikir dan memaknai kehidupan.

Kehadiran kita sebagai orang berbeda agama dan sebagai pemerintah menjadi wujud kebersamaan dan saling memahami betapa indahnya perbedaan terlihat dalam satu momentum besar seperti upacara Ngaben umat Hindu hari ini. Rabu, 08 Desember 2022.

Bupati Banggai mengungkapkan, Keindahan dan kedamaian itu bisa kita nikmati kalau kita semua sebagai penganut agama saling menghormati dan menghargai perbedaan masing-masing.

Bupati Banggai Sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan-kegiatan keagamaan. Mengingatkan pula untuk tidak sungkan mengundang pemerintah pada kegiatan keagamaan lainnya. Agar masyarakat bisa melihat kerukunan umat beragama sangatlah penting.

Abduh

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex