- Kontributor
28 Juli 2023 0:0:0 255

Kemenag Tojo Una Una Launcing Kampung Moderasi Beragama

Ket:


Ampana(Kemenag Sulteng),-Kementerian Agama Kab.Tojo Una Una melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam melaksanakan Launching serentak secara nasional Kampung Moderasi Beragama Binaan Penyuluh Agama Islam di Desa Borone Kec. Ampana Tete, Selasa, 26/07/2023. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Tojo Una una Abd. Muluk Lanonci, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kampung Moderasi Beragama menjadi mercusuar harapan dan inspirasi dalam sebuah upaya memperbaiki, dan menjaga hubungan antar keyakinan umat beragama. Olehnya untuk membumikan moderasi beragama dibutuhkan pemahaman dan kolaborasi yang seragam antara penduduk desa, Pemerintah setempat dan Tokoh Agama. Selain itu peran POKJA dan KESBANGPOL disini sangat diharapkan untuk meminimalisir gejala konflik antar agama, ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Abd.Muluk Lanonci, berpesan perihal arah moderasi beragama bahwa moderasi beragama ini menempatkan kita semua bagaimana kita beribadah dengan sebaik-baiknya, namun tidak mengganggu kepentingan umum. Mari kita tunjukkan bahwa Tojo Una Una tetap dan selalu rukun antar umat beragama yang nantinya kita akan menjadi contoh bagi kota lainnya. Karena kerukunan adalah hal utama yang kita kedepankan, imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Tojo Una Una Ilham Lawidu,SH, menyampaikan upaya melestarikan nilai kehidupan yang luhur berdasarkan gotong royong adalah menumbuhkan kesadaran swakarsa masyarakat dalam pemeliharaan kerukunan. Kampung moderasi ini sangat penting karena sesuai dengan visi misi pemerintah Kab. Tojo Una Una, tegas Ilham.

Sebagai kesimpulan, peluncuran dan sosialisasi Kampung Moderasi Beragama merupakan langkah penting dalam membangun harmoni dan pemahaman keagamaan dalam masyarakat. Desa yang menjadi percontohan ini menjadi bukti nyata akan kekuatan saling menghormati, dialog, dan kerja sama antara komunitas keagamaan yang berbeda.

Kegiatan launching dihadiri oleh wakil bupati Tojo una una, Kabag Kesra, Kapolsek Ampana Tete, Danramil, Komandan Kompi Kepala KUA Ampana Tete dan Kepala Kua Ampana Kota, Kepala Kua kec. Una una, Kepala KUA Kec. Togean, Kepala Desa sekecamatan Ampana Tete, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan se Kecamatan Ampana Tete. Acara Launching Kampung Moderasi Beragama ini turut mengundang lintas sektoral Tojo Una Una yang tergabung dalam Kelompok Kerja (POKJA) Kampung Moderasi Beragama (KMB) dan tak lupa dari Forum Kerukunan Umat Bergama (FKUB) Kab Tojo Una Una.

 

 

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex