KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
27 Juli 2023 0:0:0 333

Kemenag Dapat Apresiasi Pemkab Sigi atas Peluncuran Kampung Moderasi Beragama

Ket: Peluncuran Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Desa Uwemanje, Kec. Kinovaro, Kab. Sigi, Selasa (26/7/2023).


Sigi (Kemenag Sulteng) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sigi mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi atas peluncuran Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Desa Uwemanje Kec. Kinovaro, Selasa (26/7/2023). 

Kepala Kemenag Sigi, Lutfi Yunus, menyatakan bahwa program ini merupakan inisiatif dari Kemenag yang serentak meluncurkan seribu KMB di seluruh Indonesia dengan tujuan memperkuat kerukunan dan persatuan umat beragama di seluruh tanah air.

"KMB adalah wujud nyata dari komitmen pemerintah dalam menciptakan masyarakat yang inklusif, menghargai perbedaan, dan hidup dalam harmoni," ujar Lutfi.

Moderasi beragama, terang Lutfi, memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga stabilitas sosial dan keamanan di tengah-tengah tantangan pluralitas dan keragaman agama.

"Terima kasih kepada Bupati dan seluruh jajaran Pemkab Sigi atas dukungan dan partisipasi aktif dalam mewujudkan KMB di wilayah ini. Tanpa kolaborasi yang baik antara pemerintah, tokoh agama, masyarakat, dan pemuda, program ini tidak akan berhasil dan memberikan dampak positif bagi seluruh warga Sigi," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sigi, Mohamad Irwan, menyampaikan bahwa Kabupaten Sigi didiami masyarakat dengan ragam pemeluk agama, budaya, dan etnik yang sangat mengedepankan toleransi dan saling menghormati.

Sebagai apresiasi terhadap KMB, maka Pemkab Sigi mencanangkan pembuatan tugu Moderasi Beragama di Desa Uwemanje tahun ini. 

"Ini adalah bentuk hadirnya negara di tengah kepentingan kemajemukan masyarakat Sigi. Pemkab Sigi sangat terbantu dengan kehadiran program Kemenag yang dapat mendukung percepatan program peningkatan iman dan takwa masyarakat, khususnya menyukseskan program Sigi religi," tandasnya.

Tags terkait: -
Editor: Humas Monica
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex