KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
iis sugianti Kontributor
17 April 2024 16:40:0 178

Beri Sambutan Halal Bihalal, Kakankemenag Bangkep dorong Kesadaran Beragama di Era Digital

Ket: Kakankemenag Bangkep (H. Sofyan Arsyad) saat memberikan sambutannya


 

Banggai Kepulauan (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Kepulauan (Kakankemenag Bangkep), H. Sofyan Arsyad, memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal yang diselenggarakan oleh pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan. Acara dilaksanakan bertempat di Pendopo Rujab Bupati Banggai Kepulauan pada Rabu, 17 April 2024.

Acara tersebut dihadir oleh Pj. Bupati Banggai Kepulauan, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, Unsur Diskoperindag, penggerak PKK, DWP, Ketua PHDI, Tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh pemuda, ASN, dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya pada acara Halal Bihalal, Kakankemenag menyoroti pentingnya mempertahankan nilai-nilai dan amalan yang ditekuni selama bulan Ramadhan. Ia juga membahas fenomena era disrupsi, yang mencerminkan peralihan masyarakat dari dunia nyata ke dunia maya, termasuk dalam konteks agama.

Dalam konteks ini, Arsyad menegaskan perlunya memperhatikan sumber belajar agama, terutama yang berasal dari internet, untuk memastikan keabsahan dan kejelasan rujukan sanad. Hal ini sebagai respons terhadap perubahan pola belajar dan akses informasi di era digital saat ini.

Dengan menggarisbawahi pentingnya kesadaran akan kualitas sumber belajar agama, Arsyad mendorong masyarakat untuk lebih waspada terhadap konten-konten yang tersebar di dunia maya. Upaya ini diharapkan dapat membantu masyarakat memperoleh pemahaman agama yang autentik dan tepat sesuai dengan ajaran yang benar.

Dalam upayanya untuk mengantisipasi penyebaran konten agama yang meragukan di dunia maya, Kementerian Agama meluncurkan program Moderasi Beragama. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap semakin meluasnya konten-konten berbau agama yang tidak sesuai dengan nilai-nilai keagamaan yang sejati.

Program Moderasi Beragama dirancang untuk memberikan panduan dan bimbingan kepada masyarakat dalam menyaring konten-konten agama yang beredar di internet. Tujuan utamanya adalah untuk mendorong masyarakat agar dapat membedakan antara konten agama yang sesuai dengan ajaran yang benar dan konten yang dapat memicu perpecahan dan konflik.

Dengan meluncurkan program ini, Kementerian Agama berharap dapat membantu masyarakat dalam menjaga keberagamaan yang sehat dan menjauhkan mereka dari potensi bahaya penyebaran konten agama yang meragukan. Langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya kualitas sumber belajar agama yang dipercayai.

Acara Halal Bihalal juga menghadirkan Ustadz Hamzah Malotes, S.Pd sebagai narasumber dengan mengusung tema "Merajut Persaudaraan Mengokohkan Persatuan untuk Kemajuan Banggi Kepulauan". Acara tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan antarwarga dan mempererat persatuan demi kemajuan daerah.

 

 

Tags terkait: Silaturahmi
Editor: -
Fotografer: iis sugianti
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex