KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Suherman Kontributor
23 Maret 2024 18:55:0 93

Gelar Festival Ramadan, Kakankemenag Tolitoli: Perkuat Kebersamaan di Bulan Ramadan

Ket: Foto bersama usai penyaluran paket sembako bersama para mustahik, Jumat (22/3/2024).


Tolitoli (Kemenag Sulteng) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tolitoli, Moh. Taslim, menyampaikan bahwa Festival Ramadan merupakan wujud manifestasi dari semangat kebersamaan dan kebahagiaan yang hendak diperkuat selama bulan Ramadan.

Hal ini dinyatakan Taslim dalam gelaran Festival Ramadhan Asyik Bersama Gusmen dengan mengusung tema Kolaborasi Sejuta Cinta di Aula Kantor Kemenag Tolitoli, Jumat (22/3/2024).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kemenag Republik Indonesia ini digelar serentak seluruh Indonesia dengan kolaborasi antara Kemenag, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Lembaga Amil Zakat (LAZ), dan berbagai pihak terkait lainnya secara luring dan daring.

“Kami berterima kasih kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Kemenag, Madrasah, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, serta guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang telah berkontribusi dalam pemberian paket sembako,” ujar Taslim.

Taslim juga berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan meringankan beban kaum dhuafa, fakir miskin, dan anak yatim yang menjadi sasaran utama dari program ini.

Sebagai bagian dari kegiatan ini, sebanyak 500 paket sembako disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah Kabupaten Tolitoli.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kabupaten Tolitoli, Jumade, menjelaskan bahwa pada ramadan tahun ini, Kementerian Agama telah mengorganisir pembagian sejuta paket sembako secara serentak mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

“Kemenag pusat menyalurkan 5.000 paket, Kanwil Kemenag Provinsi masing-masing 1.000 paket, dan Kemenag kabupaten/kota sebanyak 500 paket. Penyaluran sembako juga dilakukan oleh Baznas dan LAZ dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota,” terang Jumade.

Jumade menjelaskan, secara simbolis, telah disalurkan 20 paket sembako dalam kegiatan festival ramadan kali ini.

“Selanjutnya distribusi paket akan dilakukan di KUA Kecamatan se-Kabupaten Tolitoli serta di madrasah-madrasah,” tandas Jumade.

Acara turut dihadiri oleh Ketua Baznas Tolitoli, Asisten I Sekretariat Daerah Tolitoli, Kepala Madrasah, Kepala KUA, serta perwakilan dari Lazizmu dan Paskas Tolitoli.

Usai penyaluran sembako secara simbolis, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama, salat magrib, isya, dan tarawih yang dihadiri oleh seluruh ASN Kantor Kemenag Tolitoli.

 

Tags terkait: Bimas Islam
Editor: Humas Monica
Fotografer: nasruddin anas
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex