KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
iis sugianti Kontributor
26 Januari 2024 21:49:0 255

Kakankemenag Bangkep Ajak Jemaah Majelis Taklim segera Laksanakan Kewajiban dalam Kehidupan

Ket: Kakankemenag Bangkep Saat Membawakan Tausiyah


Totikum Selatan (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Suardi Kandjai, memberikan tausiyah dalam kegiatan bulanan Majelis Taklim Hubbul Wathan yang diselenggarakan di Masjid Al-Bahri, Desa Kalumbatan, Kecamatan Totikum Selatan, pada Jumat, 26 Januari 2024.

Dalam tausiyahnya, Suardi mengajak jamaah untuk menyegerakan hal-hal yang hakikatnya tidak bisa ditunda dalam kehidupan sehari-hari. Poin utama yang disorot melibatkan tanggung jawab kepada manusia dan Allah SWT. Kakankemenag menekankan tiga hal penting yang perlu diutamakan, yakni melunasi hutang kepada sesama, segera memakamkan orang yang telah meninggal dunia, dan menyegerakan menikahkan anak bila sudah siap dan mampu.

Selain itu, Suardi menjelaskan bahwa bulan Rajab merupakan waktu yang paling tepat untuk melunasi semua hutang dan menepati janji.

"Bulan Rajab merupakan bulan yang paling tepat untuk segera melunasi semua hutang dan menepati segala janji," ungkap Suardi.

Lebih lanjut, Suardi menyampaikan pesan berkaitan dengan bulan Rajab. Ia menyoroti pentingnya mensucikan tubuh dan melunasi persoalan duniawi sebelum memasuki bulan Sya’ban dan bulan Ramadhan. Bulan Rajab dianggap sebagai waktu yang tepat untuk membersihkan diri dari hutang dan janji yang belum terpenuhi. Selain itu, ia merinci bahwa bulan Sya’ban adalah saat yang tepat untuk mensucikan hati, sementara bulan Ramadhan merupakan waktu untuk mensucikan rohani.

"Bulan Rajab adalah tempat untuk mensucikan tubuh, bulan Sya’ban adalah tempat untuk mensucikan hati, dan bulan Ramadhan adalah tempat kita untuk mensucikan rohani. Siapa yang mampu mensucikan tubuhnya di bulan Rajab, maka Insya Allah akan mampu mensucikan hatinya di bulan Sya’ban, dan orang yang mampu mensucikan hatinya di bulan Sya’ban akan mampu mensucikan rohaninya di bulan Ramadhan," tuturnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Kecamatan Totikum Selatan, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Totikum Selatan, Ketua Majelis Taklim Hubbul Wathan Kecamatan Totikum Selatan, serta jamaah Majelis Taklim dari seluruh desa yang berada di Kecamatan Totikum Selatan. Kebersamaan dalam kegiatan ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan keimanan jamaah Majelis Taklim.

 

 

 

 

Tags terkait: Bimas Islam
Editor: -
Fotografer: iis sugianti
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex