KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Supardi Lasidengki, S.Pd.I, M.Pd Kontributor
24 Januari 2024 0:46:0 352

153 Siswa MTsN 1 Kota Palu Meraih Wisuda Tahfidz Al-Quran Juz 29 dan 30 Pada Angkatan Ke-V Tahun 2024

Ket: Foto Kepala MTsN 1 Kota Palu Bersama Kakan Kemenag Kota Palu dan para pejabat (23/01/2024)


 

Palu (Kemenag Sulteng) Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palu melaksanakan momen berharga saat 153 siswanya mengikuti acara wisuda Tahfidz Al-Quran Juz 29 dan Juz 30, sebagai bagian dari angkatan Ke-V Tahun 2024. Wisuda ini diadakan sebagai penghargaan atas upaya  keras para siswa dalam menghafal Al-Qur’an yang memerlukan ketekunan dan kesabaran. Kegiatan di laksanakan di Gedung Asrama Haji Transit Palu.(23/01/2024)

Acara wisuda tersebut dihadiri oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah yang di wakili oleh JFT pada Bidang Pendidikan Madrasah Bapak Muh. Rusli, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu DR. H. Nasruddin L Midu  M.Ag, Pengurus Komite MTsN 1 Kota Palu Prof. DR. Hamlan, M.Ag, Kaur TU MTsN 1 Heri Kustanto, SE,MM, Kepala-Kepala MI, MTs, MA Se-Kota Palu, para orang Tua/Wali Siswa, Dewan Guru, Staf Tata Usaha.

Dalam sambutannya, Kepala MTs Negeri 1 Kota Palu mengungkapkan kebanggaannya terhadap kesuksesan para siswa siswi dan mengapresiasi kerja keras mereka dalam menghafal Al-Qur’an, ini berkat dukungan dan kerja sama Guru pembimbing utamanya wali kelas yang begitu semangat mendorong agar siswa siswi yang akan di wisuda hari ini dapat menyelesaikan hafalan Al-qur’annya di Juz 29 dan 30 bahkan ada yang sudah menghafal 3 Juz, 5 Juz, 20 sampai 30 Juz. Olehnya kedepan di tahun ini MTsN 1 Kota Palu akan membuka Program Kelas Tahfidz, jadi siswa yang masuk di Kelas Tahfidz harus bisa menyelesaikan target Hafalan Al-Qur’an minimal 5 Juz” ungkapnya.

Wisuda Tahfidz Al-Quran kali ini lanjut Kepala Mdrasah, bukanlah akhir dari perjalanan para siswa dalam mempelajari Al-Quran, tetapi merupakan tonggak awal untuk menginspirasi mereka untuk terus meningkatkan pemahaman dan hafalan Al-Qur’an. MTsN 1 Kota Palu berkomitmen untuk terus mendukung para siswa dalam memperdalam pengetahuan keagamaan dan mengembangkan kualitas spiritual mereka,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kakan Kemenag Kota Palu DR. Nasruddin, L. Midu, M.Ag saat memberikan sambutan menyampaikan Program tahfidz Al-qur’an menjadi program Unggulan Madrasah, program ini terus menjadi program yang di haruskan di Madrasah. Ia berharap Kepala-kepala Madrasah membentuk Tim pembinaan pada Tahfidz Al-Qur’an. Ia berharap kepada siswa–siswi yang mengikuti program Tahfidz Al-Qur’an agar memperhatikan keunggulan Akademiknya.

Ini menjadi modal utama orang tua karena mereka akan menjadi penjaga al-Qur’an, “Bahwa sesungguhnya Allah swt akan menjaga keaslian Al-Qur’an dan juga menjaga yang membaca dan mengahfalkannya”. Barang siapa yang menghafal al-qur’an maka di hari kemudian akan memberikan syafaat bagi yang membaca dan mengahafal Al-Qur’an.

Selamat kepada anak-anakku yang akan di wisuda dan selamat kepada orang tua wali atas kesuksesan anak-anaknya, dan kepada Guru-guru di MTsN 1 Kota Palu, terima kasih atas program Tahfidz Al-Qur’an yang berjalan dengan baik” Jelasnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Tengah yang di wakili oleh JFT pada bidang Madrasah menyampaikan dua hal yang pertama memberikan apresiasi kepada MTsN 1 Kota Palu atas terlaksananya kegiatan wisuda Tahfidz dan yang kedua di usahakan setiap bulan siswa itu harus Hatam Al-Qur’an, jelasnya.

Kordinator pembimbingan Program Tahfidz Qur’an Supardi Lasidengki, S.Pd.I, M.Pd menjelaskan tujuan dari diadakannya wisuda Tahfidz tersebut sebagai penghargaan kepada para siswa yang telah mampu menuntaskan hafalan juz 29 dan 30 mereka dengan baik.

“Siswa-siswi yang diwisuda hari ini dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya. Bahwa setiap usaha mereka dalam menghafal Al-Quran akan berbuah manis dan diberikan apresiasi setinggi mungkin oleh madrasah” ucapnya.

Dalam kegiatannya, sejumlah 153 siswa-siswi penghafal Al-Quran diberikan sertifikat penghargaan. Peningkatan jumlah siswa yang di wisuda dari setiap angkatan sampai hari ini merupakan sebuah kebahagiaan besar bagi kami yang telah membimbing siswa dalam program Tahfidz sejak awal program ini dijalankan.

Dengan wisuda Tahfidz Al-Quran yang menggembirakan ini, MTsN 1 Kota Palu telah mencetak prestasi yang mengesankan dalam pendidikan agama dan membuktikan komitmennya dalam membentuk generasi muda yang berakhlak mulia. Para siswa yang telah meraih wisuda ini diharapkan dapat menjadi teladan bagi teman-teman sebaya mereka dalam meneladani nilai-nilai Al-Quran. (*spdi)

 

 

Tags terkait: MTSN 1 Palu
Editor: -
Fotografer: Supardi Lasidengki, S.Pd.I, M.Pd
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex