KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Supardi Lasidengki, S.Pd.I, M.Pd Kontributor
5 Februari 2024 21:2:0 37

MTsN 1 Kota Palu Sambut Kunjungan Study Tiru Madrasah Dari Kementerian Agama Kabupaten Toli-Toli

Ket: Foto Kepala Madrasah bersama seluruh Rombongan di Ruang Diklat


Palu (Kemenag Sulteng), Rombongan civitas akademika dari beberapa Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Toli-Toli seperti MAN,MIN1,MIN 2,MTs Muhammadiyah, MTs DDI Singga, mendatangi MTsN 1 Kota Palu. Kedatangan tersebut bermaksud untuk melakukan studi tiru Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Digital, Manajemen Siswa, Paltfrom E-Learning serta Sistem Manajemen Inventaris untuk peralatan dan  Fasilitas Madrasah, Senin (05/02/2024), di Ruang Diklat MTsN 1 Kota Palu.

Penyambutan rombongan tamu dipimpin langsung oleh Kepala MTsN 1 Kota Palu Hj. Rusdiana, S.Pd, M.Pd dan Beberapa jajaran struktural MTsN 1 juga ikut mendampingi prosesi penyambutan, yaitu Kaur Tata Usaha Heri Kustanto, SE, MM, Wakamad Bidang Humas Supardi Lasidengki, S.Pd.I, M.Pd, Wakamad Bidang Kurikulum Siti Marwiyah, S.Pd., Wakamad Bidang Kesiswaan Hj. Andi Dg. Malino, S.Pd, Kordinator Kelas Digital Dra.Nur Dewi Fattah, M.Pd dan segenap Dewan Guru MTsN 1 Kota Palu.

Perwakilan sekaligus pimpinan rombongan yaitu Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Toli-Toli Sahar Ibrahim menyampaikan rasa terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk melakukan studi tiru di MTsN 1 Kota Palu, kami tidak menyangka sambutan yang di berikan kepala Madrasah kepada kami sangat istimewa, tujuan dari kegiatan ini adalah merupakan program Kementerian Agama RI yang berfokus pada Digitalisasi Madrasah, kami dan Kepala Madrasah mengambil referensi MTsN 1 Kota Palu sebagai tempat untuk melakukan studi tiru karena memang Madrasah ini telah melaksanakan program Madrasah Digital, olehya itu kami berharap kepada rombongan studi tiru kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, Amati, Tiru dan Modifikasi” Jelasnya.

Selanjutnya kesempatan di berikan kepada Kepala MAN Toli-Toli bapak Muhammad A.Y. Rumi, S.Pd, M.Pd mewakili Kepala-Kepala Madrasah memberikan sambutan, Ia menyampaikan terima Kasih atas sambutan kepada kami. Mengapa studi tiru ini kami lakukan, bahwa konsep studi tiru ini adalah transformasi Madrasah digital sehingga banyak keuntungan yang kami dapatkan dan mendapatkan tambahan yang dapat dibagikan MTsN 1 kepada kami termasuk manajemen pengelolan Madrasah, kami tau bahwa MTsN 1 menjadi contoh di kota palu dimana inofasi yang di miliki Kepala Madrasah ibu Hj. Rusdiana sangat luar biasa dan ini juga menjadi contoh seluruh Kepala Madrasah dari Toli-Toli yang hadir pada kesempatan ini” ujarnya.

Kepala MTsN 1 Kota Palu dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas kepercayaan dari kunjungan beberapa Madrasah dari Kabupaten Toli-toli. Kami masih banyak memiliki kekurangan, tentunya kami tetap terus berusaha untuk melakukan yang terbaik. MTsN 1 Kota Palu yang hanya memiliki lokasi yang sangat minimalis dengan jumlah rombel 22 dengan jumlah siswa 700 lebih.

Ia melanjutkan dalam hal Madrasah Digital di MTsN 1 Kota Palu yang pertama  di lakukan adalah merubah Mindsed berfikir para seluruh stekcholder Madrasah mulai dari Guru, Siswa dan Orang tua siswa, karena kami berfikir Teknologi sudah menjadi kebutuhan bukan lagi hal baru apalagi anak-anak kami memang sudah memiliki kemampuan yang lebih di bidang IT di tambah lagi bahwa lapangan kerja sangat membutuhkan tenaga-tenaga IT maka dengan begitu setelah kami melakukan studi tiru beberapa waktu yang lalu di MTsN 1 Kota Makassar, apa yang kami peroleh di sana kami coba melakukannya di Madrasah kami dan alhamdulilah ini berjalan dengan baik, yang awalnya hanya kelas Digital sekarang berubah menjadi Madrasah Digital dan jumlah kelas yang sudah serba Digital yaitu empat kelas” pungkasnya.

Selanjutnya kegiatan di lanjutkan Rombongan studi Tiru mengunjungi Perpustakaan Digital, Lab Komputer, Kelas Digital sekaligus menyaksiskan Guru-guru melaksanakan proses belajar mengajar di kelas tersebut dan berakhir dengan acara istrahat di Ruang tamu kepala madrasah. (Spdi*)

 

 

 

 

Tags terkait: MTSN 1 Palu

Editor: -
Fotografer: Supardi Lasidengki, S.Pd.I, M.Pd
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex