KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
26 Maret 2022 0:0:0 253

Pramuka MAN 2 Kota Palu Gelar Madika Bazar Party V

Ket: Kamad MAN 2 Kota Palu, Moh. Syamsu Nursi membuka gelar event Madika Bazar Party V di MAN 2 Kota Palu, Sabtu 22/03/2022


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Penyelenggaraan bazar oleh komunitas ekstrakurikuler Pramuka adalah merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Madika Scout MAN 2 Kota Palu di setiap tahun. Sempat terjeda oleh  pandemi Covid-19, kini Madika Scout telah memasuki tahun ke-5 dalam pelaksanaannya. Hadir dengan pengembangan konsep baru dalam agenda acaranya, Madika Bazar Party V dibuka oleh Kepala MAN 2 Kota Palu, Moh. Syamsu Nursi, Sabtu 26 Maret 2022.

Berlokasi di lapangan utama MAN 2 Kota Palu, Madika Scout menggelar pelaksanaan bazar dengan meriah. Sedikit berbeda dari konsep yang sebelumnya, kali ini Madika Scout menggandeng beberapa organisasi untuk menambah kemeriahan gelaran acaranya. Organisasi yang menjadi gandengan Madika Scout pada event kali ini adalah Bulava Sport Grup dan organisasi sosial dan kemanusiaan, ACT (Aksi Cepat Tanggap). Kegiatan bazar ini dilaksanakan selama sehari penuh. Dimulai dari pembukaan di pagi hari hingga acara puncak di malam hari.

Sebagai ajang gelar kreativitas, acara pertunjukan musik dan seni juga hadir dalam event ini. Berupaya untuk tetap mempertahankan kemeriahannya, panitia bazar yang terdiri dari seluruh anggota Pramuka MAN 2 Kota Palu menata arena bazar secara bersama dan bahu membahu. Penataan cahaya yang apik dan disertai dengan tata suara yang berkualitas turut melengkapi panggung yang tersedia untuk acara ini.

Dalam acara pembukaan Madika Bazar Party V tersebut, Kepala MAN 2 Kota Palu, Moh. Syamsu Nursi, menyampaikan apresiasi dan motivasi melalui pidato sambutannya. Ia menyatakan bahwa jiwa kewirusahaan memang selayaknya harus dikembangkan sejak dini. Apresiasi juga ia berikan terhadap seluruh upaya maksimal siswa dengan berusaha menampilkan yang terbaik.

Selanjutnya, melalui kegiatan bazar ini ia berharap agar siswa mulai belajar mengembangkan potensi dirinya, meningkatkan pendapatan serta memperoleh nilai lebih melalui jalinan kerjasama dengan pihak lain. Syamsu menekankan, mengenali  dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin adalah poin penting untuk menghasilkan sesuatu yang kelak akan bermanfaat baik bagi diri siswa pribadi maupun bagi lingkungannya.

Di akhir sambutannya, ia menyampaikan bahwa Madika Scout harus mengembangkan bantuan modal yang telah diberikan oleh madrasah dengan sebaik-baiknya dan kemudian memanfaatkannya untuk kemaslahatan Pramuka MAN 2 Kota Palu untuk kegiatan-kegiatan di masa yang akan datang.

Dimulai di pagi hari setelah pembukaan, panitia melaksanakan lomba mewarnai khusus untuk anak-anak usia 4 – 7 tahun. Peserta untuk acara ini berasal dari masyarakat umum dan  putra putri warga madrasah  MAN 2 Kota Palu.

Sebagaimana tujuan awal dari pelaksanaan bazar ini sebagai pengembangan jiwa kewirausahaan, Madika Scout juga mengadakan penjualan makanan serta minuman sehat selama bazar berlangsung. Selain itu Madika Scout juga bekerja sama dengan pihak pengusaha kuliner lainnya untuk memenuhi minat beli para pengunjung. Secara keseluruhan hadir kurang lebih 20 buah lapak kuliner yang dapat dikunjungi untuk jelajah memuaskan citarasa para pengunjung.   

Di malam puncak, tersedia area panahan bagi para pengunjung yang berminat untuk keterampilan bidik membidik mereka. Area ini tersedia secara gratis berkat kerjasama Madika Scout dengan kelompok olahraga panahan Kota Palu, Bulava Sport Group. Dan dipenghujung acara jelang penutupan, Madika Scout menggelar acara Tilawah Al-Quran bersama 50 anak yatim. Bersama ACT Madika Scout melaksanakan wakaf 50 AlQuran yang sebagiannya merupakan hasil dari donasi yang dihimpun oleh Madika Scout dari berbagai pihak, diantaranya dari para guru dan warga madrasah MAN 2 Kota Palu sendiri. Atas terlaksananya acara ini, selaku salah satu pembina Pramuka MAN  2 Kota Palu, Ferial mengatakan sangat bersyukur dan menyampaikan terimakasih atas seluruh dukungan dan kontribusi positif yang telah diberikan oleh Kepala Madrasah serta warga MAN 2 Kota Palu  demi pengembangan anak didiknya di masa yang akan datang.

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex