KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Ferizal M. Latopada Kontributor
8 Maret 2024 5:56:0 223

263 Santri Jenjang Ulya Mengikuti UKN pada Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah Se Sulawesi Tengah

Ket: Meninjau Santri Melaksanakan Ujian Kesetaraan Nasional


 

 

 

Palu (Kemenag Sulteng) – Sebanyak 263 Santri Jenjang Ulya mengikuti Ujian Pendidikan Kesetaraan Nasional untuk Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Tahun 2024 se Sulawesi Tengah. Ujian ini digelar pada 15 Lembaga Pondok Pesantren sejak tanggal 4 s.d. 7 Maret 2024.

PKPPS merupakan layanan Pendidikan melalui jalur pendidikan non formal yang ditujukan kepada masyarakat, yang tidak dapat menyelesaikan pendidikannya. Pendidikan Kesetaran yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Salafiyah ini dapat dimanfaatkan karena lulusannya diakui dan dinyatakan setara dengan lulusan SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK.

Pelaksanaan PKPPS sudah terjadwal, jenjang Ulya telah selesai pada Kamis 7 Maret 2024, kemudian jenjang Wustho tanggal 6 s.d. 8 Mei, dan jenjang Ula tanggal 20 s.d. 22 Mei 2024 mendatang. Adapun Mata pelajaran yang diujikan, meliputi mata pelajaran umum dan dirosah Islamiyah.

“Ujian ini telah di selengarakan sejak tahun 2003 yang mana Kementerian Agama memfasilitasi Ujian ini dengan harapan Pendidikan Kesetaraan sebagai loncatan bagi santri dan menjadi salah satu media perubahan transformatif pendidikan, untuk itu pesantren tetap terjaga orisinalitasnya tetapi mampu menyesuaikan dengan pesrubahan zaman,” ujar Kepala Bidang Pakis Nurlaili, saat melakukan monitoring ujian di Kabupaten Tojo Una Una dan Poso Kamis, 7 Maret 2024.

Menurutnya, hal ini merupakan dukungan pemerintah kepada masyarakat khususnya para santri, semoga dengan adanya program yang sudah berjalan cukup lama ini dapat menjadi barometer perubahan dalam hal belajar mengajar di pondok pesantren tanpa mengurangi karakteristik khasnya.

Untuk PKPPS jenjang Ulya terlaksana di  8 kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Sigi, Parigi Moutong, Poso, Tojo Una Una, Morowali, Toli Toli, Buol, dan Kota Palu.

 

 

 

 

 

 

Tags terkait: PAKIS
Editor: Lilis Basira
Fotografer: Ferizal M. Latopada
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex