KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
8 April 2021 0:0:0 200

Buka Rakor PAI, Kakanwil Harapkan PAI Beri Kontribusi Tanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama

Ket: Kakanwil Kemenag Sulteng Rusman Langke, saat membuka kegiatan Rakor PAI.


Palu ( Kemenag Sulteng) - Guru merupakan agen perubahan bertanggung jawab mengantarkan peserta didiknya menuju perubahan. Demikian ungkapan Kakanwil Kemenag Sulteng saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Program Pendidikan Agama Islam(PAI) Tahun 2021, di Hotel Citra Mulia Palu(8/4).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Sulteng diikuti sebanyak 50 peserta se Sulawesi Tengah.

"Saya minta penyusunan program mengacu pada lima program prioritas Kementerian Agama yaitu Pertama, Peningkatan layanan pendidikan secara merata dan berkualitas. Kedua, Peningkatan produktivitas dan daya saing sumberdaya manusia. Ketiga, Peningkatan pelayanan penguatan moderasi beragama. Kemudian Keempat, Revolusi mental. Kelima, Reformasi Birokrasi" katanya.

Kakanwil mengharapkan PAI punya kontribusi untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama bagi peserta didik.

"Guru PAI harus menjadi ujung tombak untuk mengantisipasi berkembangnya radikalisme agama, dan bertanggung jawab mewariskan nilai yang diyakini kepada peserta didiknya."

Menurut Rusman, Guru itu  teladan masyarakat dilingkungan sosialnya karena segala jejak langkahnya senantiasa digugu dan ditiru artinya digugu karena kedalaman ilmunya sedangkan ditiru karena kemuliaan akhlaknya, pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Pondok Pesanteren dan Mahad Aly Nurhayati sekaligus ketua panitia mengatakan pelaksanaan Rakor PAI pada sekolah diharapkan memberikan manfaat yang sangat besar terhadap pelaksanaan dan pengelolaan PAI pada sekolah terutama dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam baik dari segi manajerialnya maupun dari pengembangan kelembagaan PAI melalui FKG PAI, KKG PAI, MGMP PAI dan pengawas PAI yang pada akhir akan berimbas pada peningkatan mutu pendidikan agama islam di sekolah.

Turut hadir pada kegiatan beberapa Kakankemenag Kab/Kota Sulteng. Adapun narasumber pada Rakor ini yakni Pejabat dilingkungan Kanwil Kemenag Sulteng dan Pengawas PAI pada sekolah.

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex