KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
5 September 2023 0:0:0 106

Bimas Kristen Kemenag Banggai Lakukan Verifikasi Rumah Ibadah

Ket:


Luwuk (Kemenag Sulteng) – Bimas Kristen Kemenag Kabupaten Banggai melakukan Verifikasi Rumah Ibadah (gereja) Jemaat Kolom Pelayanan Tunas Timur di Desa Molino Kecamatan Luwuk Timur, Senin, 4 September 2023.

 

Verifikasi dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai, yang diwakili Kepala Subbagian Tata Usaha (TU) Zulfan Kadim, Kepala Seksi Bimas Kristen Jerry H. Moningka, dan penyuluh agama Kristen Helda Langitan

 

 

Tim Verifikasi di terima oleh Ketua Jemaat Maklon Lengele bersama 15 jemaat, dalam suasana keakraban. Maklon Lengele mewakili pengurus menjelaskan dasar gereja pendirian gereja bagi mereka. Beberapa alasan diantaranya, jumlah jemaat sebanyak lebih dari 40 orang yakni 15 kepala keluarga (KK), serta jarak tempuh dari rumah ibadah yang cukup jauh dari tempat tinggal. Selain itu, gereja induk Nazareth Bukit Mulia telah mengizinkan pembangunannya, jelas Maklon.

 

“Pemerintah tidak pernah melarang masyarakat beribadah dan membangun tempat peribadatan. Yang perlu diketahui adalah regulasi yang mengatur dan harus dipenuhi setiap orang, kelompok, ataupun organisasi sosial atau keagamaan,” kata Zulfan di hdapan para jemaat.

 

Ia juga mengingatkan kepada jemaat untuk menjaga kerukunan beragama dan menciptakan suasana kondusif dengan melakukan pendekatan-pendekatan personal kepada masyarakat sekitar.

 

Dalam pertemuan tersebut Kasi Bimas Kristen Jerry H Moningka menjelaskan tahapan yang harus dilakukan  yaitu melengkapi persyaratan dalam bentuk proposal lengkap. Menurutnya, untuk menerbitkan rekomendasi dari Kementerian Agama dan rekomendasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang nantinya di bawa ke pemerintah daerah, kepala desa, Camat hingga Bupati, pungkasnya.

 

 

Tags terkait: -
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex