KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
7 Mei 2024 22:6:0 64

Kepala KanKemenag Parimo Minta Imam Dan Ta'mir Masjid Bersikap Moderat Dan Persatukan Umat

Ket: Kepala KanKemenag Parimo Minta Imam Dan Ta'mir Masjid Bersikap Moderat Dan Persatukan Umat


 

 

Parigi(Kemenag Sulteng)-Imam Masjid adalah Pemimpin dalam sebuah komunitas masyarakat, olehnya Imam Masjid harus dapat mempersatukan umat, bersikap moderat serta harus toleran terhadap umat yang berbeda keyakinan dengannya.
 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Parigi Moutong H As'ad Latopada saat memberikan materi  kepada para Imam pada kegiatan Pembinaan Imam Masjid dan Pegawai Syara' yang dilaksanakan oleh Satgas II Preemtif Ops Madago Raya 2024, Selasa 07 Mei 2024 bertempat di Gedung Aula hotel Oktaria Parigi.


As'ad menyampaikan Para Imam Masjid dan Pegawai Syara adalah salah satu komponen yang menjadi ujung tombak dari pemerintah, dalam menangkal Paham Radikal dan Intoleransi di Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI lebih khususnya lagi Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah serta Kabupaten Parigi Moutong.

Olehnya perlu meningkatkan pengetahuan tentang cara dan strategi kepada para Iman dan pegawai Syara' agar dapat mengantisipasi upaya dari pihak-pihak yang menyebarkan paham radikalisme ke dalam Masjid. Ta'mir masjid harus menolak paham yang menyebarkan kekerasan dan antipati terhadap sebuah paham yang berbeda dengan keyakinan dengan Islam. Sikap moderat harus dimiliki oleh para Imam agar tercipta persatuan dan kesatuan umat di Negara Republik Indonesia.
 

Kepala KanKemenag mengimbau agar para Imam terus bekerjasama dengan pihak Kementerian Agama dan Instansi terkait seperti Kepolisian dan Forum Kerukunan Umat Beragama dari pemahaman yang keliru dan penyalahgunaan Agama dalam Masyarakat.


Sementara itu Kepala Satuan Tugas Kasatgas II Preemtif Ops Madago Raya Muh Taufik menyampaikan kegiatan Peningkatan Kemampuan Imam Masjid dan Pegawai Syara' merupakan salah satu kegiatan Prioritas dari Satgas II Preemtif Ops Madago Raya-2024 Tahap II guna Pemeliharaan Keamanan Pasca Konflik dan Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi


Kegiatan Peningkatan Kemampuan Imam Masjid dan Pegawai Syara' di Laksanakan dengan tujuan sebagai langkah untuk menjadikan para Imam Masjid dan Pegawai Syara' sebagai sentra Utama untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Umat.
Keberadaan Imam Masjid dan Pegawai Syara' memiliki Peran yang sangat Penting dalam Pengembangan dan Pembangunan Ummat Islam Di Dunia Karena bukan Hanya sebatas mengurus Masjid Namun juga dapat langsung menegakkan Nilai-nilai Keagamaan di Tengah Ummat
Muhammad Taufik mengharapkan agar melalui kegiatan ini Para Imam Masjid dan Pegawai Syara' dapat Menjadi Ujung Tombak dalam menangkal Paham Radikal dan Intoleransi di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah Khususnya Kab. Parimo.
 

Selanjutnya Ilmu yang di dapatkan nanti dapat di Implementasikan dalam kehidupan sehari hari di wilayah Tempat tinggal dari masing-masing Iman dan Ta'mir Masjid.
 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Sulawesi Tengah Prof. Dr Zainal Abidin MAg, Kepala Posko Madago Raya Mat Syukri(ahdal)

 

 

Tags terkait: -
Editor: -
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex